EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TATA BUSANA
EFFECTIVENESS OF DIRECT LEARNING IN PRODUCTIVE CLOTHING SUBJECTS
Pembelajaran langsung atau Direct Instruction (DI) adalah pembelajaran yang berpusat pada guru terdapat 5 tahap/fase pelaksanaannya, yaitu: orientasi, presentasi/demonstrasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, latihan mandiri. Tujuan dari artikel ini untuk menelaah keefektifan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran produktif tata busana dalam memaksimalkan hasil belajar siswa. Metode yang diterapkan pada artikel ini adalah studi literature yang mengkaji karya tertulis dari 13 jurnal yang sudah dipublikasikan. Hasil literature yang diperoleh untuk memverifikasi keefektifan metode pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran produktif tata busana. Berdasarkan hasil kajian studi literature disimpulkan metode pembelajaran langsung dinilai efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih dari 80% pada materi produktif tata busana, mendapatkan hasil rata-rata 95,3% terutama kompetensi keahlian desain busana, pembuatan hiasan busana, pembuatan busana custom made, pembuatan busana industri, produk kreatif dan kewirausahaan.
Kata Kunci : efektifitas, pembelajaran langsung, pelajaran produktif
Direct learning or Direct Instuction (DI) is learning centered to teacher, there are 5 stage/phases of its implementation, namely: orientation, presentation/demonstration, structured training, guided training, independent training. The purpose od this article is to examine the effectiveness of direct learning models in productive fashion subjects in maximizing student learning outcomes. The method applied in this article is a literature study that examines written works from 13 published journals. The results of the literature obtained to verity the effectiveness of the direct learning method in improving the learning outcomes of productive dressmaking subjects. Based on the results of the study of literature, it was concluded that direct learning method were considered effective in increasing student learning outcomes to more than 80% in productive fashion material, obtaining an average result of 95.3%, especially competence in clothing design expertise, making fashion ornaments, making custom made clothes, manufacture of industrial clothing, creative products and entrepreneurshi
Keywords : effectiveness, direct learning, productive lessons