PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI TRADISIONAL
MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA
DI SMA NEGERI 21 SURABAYA
TRADITIONAL DANCE EXTRACURRICULAR LEARNING
USING THE PEER TUTOR METHOD
AT SMA NEGERI 21 SURABAYA
ABSTRAK
Nama : Ulil Husna
NIM : 19020134061
Program Studi : Pendidikan Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Trisakti, M.Si.
Tahun : 2023
Ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam Sekolah yang dilaksanakan dengan bertujuan untuk mewadahi serta mengembangkan minat dan bakat peserta didik. Pada SMA Negeri 21 Surabaya terdapat salah satu Ekstrakurikuler yang masuk dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari yaitu Ekstrakurikuler Tari Tradisional. Ekstrakurikuler Tari Tradisional yang dilaksanakan yaitu menggunakan metode Tutor Sebaya. Pada penelitian ini membahas 2 (dua) rumusan masalah, yaitu pertama bagaimana proses pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Tradisional menggunakan metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 21 Surabaya? dan yang kedua bagaimana hasil pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Tradisional menggunakan metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 21 Surabaya?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan objek penelitian pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Tradisional menggunakan metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 21 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data, dan simpulan.
Hasil penelitian pertama menjelaskan bahwa proses pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Tradisional menggunakan metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 21 Surabaya dilaksanakan secara bertahap. Pelaksanaan proses pembelajaran dilaksanakan dengan peserta didik melihat, serta mengamati video materi Tari Tradisional, kemudian seluruh peserta didik mempraktikkan dengan seksama, pemilihan Tutor, guru membagai kelompok, dimana setiap kelompok terdapat 5 anggota, 1 Tutor dan 4 lainnya teman yang akan dilatih, tutor membantu teman sebaya dalam mempelajari materi, peserta didik mempraktikkan mengenai materi yang sudah dipelajari, selanjutnya pada akhir semester guru akan melaksanakan evaluasi dan pengambilan nilai secara individu. Hasil pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Tradisional menggunakan metode Tutor Sebaya di SMA Negeri 21 Surabaya yaitu terdapat nilai akhir semester yaitu mengenai wiraga,wirama, wirasa, hafalan dan prestasi kejuaraan yang diperoleh peserta didik dalam mengikuti perlombaan mulai dari tingkat Kota, Provinsi, dan Nasional.
Kata Kunci: Pembelajaran Ekstrakurikuler, Tari Tradisional, Metode Tutor Sebaya.
ABSTRACT
Name : Ulil Husna
Study Program : S-1 Pendidikan Sendratasik
Faculty : Faculty of Language and Art
Institution : Surabaya State University
Supervisor : Dr. Trisakti, M.Si.
Year : 2023
Extracurriculars are activities outside of school hours that are carried out with the aim of accommodating and developing the interests and talents of students. At SMA Negeri 21 Surabaya, there is one extracurricular that is included in learning arts and culture, especially dance, namely Traditional Dance Extracurriculars. The Traditional Dance extracurricular that is carried out is using the Peer Tutor method. This study discusses 2 (two) problem formulations, namely first, how is the learning process for Traditional Dance Extracurriculars using the Peer Tutor method at SMA Negeri 21 Surabaya? and secondly, what are the learning outcomes of Traditional Dance Extracurriculars using the Peer Tutor method at SMA Negeri 21 Surabaya? This study used a qualitative research method with the object of research learning Extracurricular Traditional Dance using the Peer Tutor method at SMA Negeri 21 Surabaya. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are reduction, data presentation, and conclusions.
The results of the first study explained that the learning process for Traditional Dance Extracurriculars using the Peer Tutor method at SMA Negeri 21 Surabaya was carried out in stages. The implementation of the learning process is carried out with students viewing and observing videos of Traditional Dance material, then all students practice carefully, selection of tutors, the teacher divides into groups, where each group has 5 members, 1 tutor and 4 other friends who will be trained, the tutor helps peers in studying the material, students practice the material that has been studied, then at the end of the semester the teacher will carry out evaluations and take scores individually. The learning outcomes of the Traditional Dance Extracurricular using the Peer Tutor method at SMA Negeri 21 Surabaya, namely that there are end-of-semester scores regarding wiraga, wirama, wirasa, memorization and championship achievements obtained by students in participating in competitions starting at the City, Provincial and National levels.
Keywords: Extracurricular Learning, Traditional Dance, Peer Tutor Method.