Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Realita Terhadap Penerimaan Diri Peserta Didik
Literature Study of the Application of Reality Counseling on Student Self-acceptance
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konseling realita terhadap penerimaan diri peserta didik. Dalam penelitian ini, metode penelitian kepustakaan yang dipilih sebagai metode penelitian. Adapun untuk teknik pengumpulan data, menggunakan metode dokumentasi berupa artikel ilmiah yang dimuat dalam penerbit nasional dan internasional di internet. Sedangkan untuk kajian analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian adalah keberhasilan penerapan konseling realita terhadap penerimaan diri peserta didik, prosedur atau teknik implementasi konseling realita yang digunakan terhadap penerimaan diri peserta didik, ruang lingkup dan sasaran penerapann konseling realita terhadap penerimaan diri peserta didik, saran atau rekomendasi penerapan konseling realita terhadap penerimaan diri peserta didik. Dari hasil kajian penelitian ini, dapat diketahui jika penerapan konseling realita berpengaruh terhadap penerimaan diri peserta didik baik dilihat secara keseluruhan maupun berdasarkan aspek-aspek yang mempengaruhi penerimaan diri peserta didik.
This study aims to describe the application of reality counseling to students' self-acceptance. In this study, the library research method chosen as the research method. As for data engineering, it uses the documentation method in the form of scientific articles published in national and international publishers on the internet. Meanwhile, the data analysis study used was the content analysis technique. The results of the research are the application of reality counseling to students' self-acceptance, procedures or techniques of implementing reality counseling used for students' self-acceptance, the scope and objectives of applying reality counseling to students' self-acceptance, suggestions or suggestions for applying reality counseling to student self-acceptance. students. From the results of this study, it can be seen that if the application of counseling, reality affects students 'self-acceptance, both viewed as a whole and based on the aspects that affect students' self-acceptance.