PERANCANGAN BOARD GAME LUDO BERTEMAKAN PUNAKAWAN OF JAVA
LUDO THEMED BOARD GAME DESIGN OF JAVA THEME
ABSTRAK
PERANCANGAN BOARD GAME LUDO
BERTEMAKAN PUNAKAWAN OF JAVA
Nama : Ernawati Kamala
NIM : 17020163014
Program Studi : D3 Desain Grafis
Jurusan : Desain
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds.
Pengenalan Tokoh Wayang kulit pada saat ini sangat kurang diminati oleh masyarakat karena dianggap kuno, dan sangat tidak menarik.Boardgame adalah salah satu media yang sangat diminati oleh semua kalangan umur. Salah satunya adalah boardgame ludo. Maka penulis merancang boardgame dengan bertemakan tokoh pewayangan yaitu punakawan yang terdiri dari Semar, Petruk, gareng dan bagong.Alur dari permainan ini adalah petualangan mencari ingatan karakter masing” punakawan dengan cara pemain digiring untuk pergi menuju Bumi Jawa, disana mereka bakal mengingat jati diri mereka dan dalam perjalanan kesana terdapat tantangan dan informasi tentang karakter punakawan. Tujuan dari permainan ini adalah budaya literasi mengenal cerita karakter punakawan yaitu Semar, Petruk, gareng dan bagong. Pada boardgame ini juga memiliki beberapa komponen antara lain : Arena permainan, 2 buah dadu, 4 jenis bidak karakter punakawan, kertas panduan, kartu CnB, dan Kemasan yang sangat efektif di bawa.
Kata Kunci:Boardgame, Punakawan jawa tengah
ABSTRACT
Name : Ernawati Kamala
Study program : D3 Graphic Design
Majors : Design
Faculty : Language and Art
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Tri Cahyo Kusumandyoko, S.Sn., M.Ds.
The introduction of Wayang kulit figures is currently less attractive to the public because it is considered ancient, and very unattractive. Boardgame is one of the media that is in great demand by all ages. One of them is ludo boardgame. So the authors designed the board game with the theme of puppet characters namely punakawan consisting of Semar, Petruk, Gareng and Bagong. The path of this game is an adventure to find the memories of each character "punakawan by means of players being led to go to Java, where they will remember their identity and on the way there are challenges and information about the character of the clown. The aim of this game is to know the literacy culture in the story of punakawan characters, namely Semar, Petruk, Gareng and Bagong. On this board game also has several components, including: Arena game, 2 dice, 4 types of Punawan characters, guide paper, CnB cards, and packaging which are very effective to carry.
Keywords: Boardgame, Punakawan, Central Java