PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KETERAMPILAN VOKASIONAL BERJUALAN ONLINE UNTUK SISWA TUNARUNGU
DEVELOPMENT OF ONLINE SELLING VOCATIONAL SKILLS GUIDEBOOK FOR DEAF STUDENTS
Pembelajaran keterampilan vokasional berjualan online dibutuhkan bagi tunarungu. Hambatan pendengaran yang dimiliki tunarungu mengakibatkan permasalahan pada aspek vokasional, sehingga perlu diterapkan pembelajaran berjualan online dengan menggunakan buku panduan sesuai dengan kondisi siswa. Penelitian ini bertujuan dari untuk mengembangkan media pembelajaran sebuah buku panduan keterampilan vokasional berjualan online siswa tunarungu, dan menguji tervalidasinya media tersebut. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yang dimodifikasi melalui 4 tahapan ADDIE antara lain Analysis, Design, Development, dan Implementation. Teknik pengumpulan data diperoleh dari uji validasi ahli media, ahli materi dan uji praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan dari validasi ahli materi 95,58%, ahli bidang media 81,66%, dan uji validasi praktisi/guru 93,05% menggunakan instrumen/angket. Simpulan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengembangan buku panduan keterampilan vokasional sangat baik dan layak digunakan sebagai materi pembelajaran berjualan online kepada siswa tunarungu.
Kata kunci : Panduan, Vokasional, Berjualan online, Tunarungu.
Learning vocational skills in selling online is needed for the deaf. The hearing impairment that the deaf has causes problems in the vocational aspect, so it is necessary to apply online selling learning by using guidebooks according to the student's condition. This study aims to develop learning media, a manual for the vocational skills of selling online for deaf students, and to test the validity of the media. This study uses the development of the modified ADDIE model through 4 stages of ADDIE namely Analysis, Design, Development, and Implementation. Data collection techniques were obtained from the validation test of media experts, material experts and practitioner tests. The results showed that the acquisition of material expert validation was 95.58%, media expert was 81.66%, and practitioner/teacher validation test was 93.05% using an instrument/questionnaire. The conclusion of the research shows that the development of the vocational skills manual is very good and suitable to be used as learning material for selling online to deaf students.
Keywords: Guide, Vocational, Selling online, Deaf.