Meta Analisis Model Blended Learning Menggunakan LMS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kejuruan
Meta Analysis of Blended Learning Model Using LMS to Improve Vocational Education Learning Outcomes
Blended Learning merupakan salah satu inovasi dalam pemilihan model pembelajaran yang dapat mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran serta kualitas hasil belajar terutama pada jenjang pendidikan kejuruan. Model pembelajaran ini diketahui dapat mengatasi keterbatasan terkait pembelajaran online dan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pendidikan kejuruan pada penerapan model Blended Learning menggunakan LMS. Metode penelitian yang digunakan adalah systematic literature review berupa meta analisis dengan pendekatan kuantitatif pada 11 sampel artikel jurnal penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil meta analisis menunjukkan adanya pengaruh besar pada penerapan model blended learning menggunakan LMS dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan effect size keseluruhan sebesar 1,01. Nilai tersebut menyatakan bahwa model Blended Learning menggunakan LMS termasuk dalam kategori tinggi dan dapat diterapkan dalam pembelajaran siswa jenjang pendidikan kejuruan.
Kata kunci: Blended Learning, Meta Analisis, Hasil Belajar Siswa, Effect Size
Blended Learning is one of the innovations in the selection of learning models that can affect the effectiveness of the learning process and the quality of learning outcomes, especially at the level of vocational education. This learning model is known to overcome limitations related to online learning and face-to-face learning. This study aims to determine the effect of vocational education student learning outcomes on the application of the Blended Learning model using LMS. The research method used is systematic literature review in the form of meta-analysis with a quantitative approach to 11 samples of previous research journal articles. Based on the results of the meta-analysis, it shows that there is a big influence on the application of the blended learning model using LMS in improving learning outcomes. This can be seen from the results of the overall effect size calculation of 1,01. This value states that the Blended Learning model using LMS is included in the high category and can be applied in vocational education level student learning.
Keywords : Blended Learning, Meta-Analysis, Learning outcomes, Effect Size