ANALISIS ELEMEN VISUAL PADA DESAIN KEMASAN PERMEN KOPIKO “COFFEE CANDY”
VISUAL ELEMENT ANALYSIS OF KOPIKO'S CANDY "COFFEE CANDY" PACKAGING DESIGN
Sebagian besar masyarakat tidak menganggap penting sebuah kemasan sehingga tidak dapat memaksimalkan fungsinya, padahal kemasan dapat menjadi faktor daya tarik melalui desain kemasannya yang menarik sekaligus sebagai pembangun kepercayaan calon konsumen apabila produk yang dikemas terlindungi dengan baik.Salah satunya adalah permen Kopiko “Coffee Candy”,visual desain dari kemasan permen Kopiko ini selalu mendapat respon positif dari masyarakat sehingga dapat diterima, dikenal, diminati danmampu mengantarkan permen Kopiko hingga sukses menguasai pasar permen hingga mendunia.Pemicuvisual dari desain kemasan ini dapat diterima dan membuat produknya dikenal serta diminati bergantung pada elemen visual yang ada pada desain kemasannya.Pada artikel ini akan ditelitiapa saja elemen visual berserta pesan apa yang terkandung di dalam visual desain kemasan tersebut menggunakan metode penelitian tinjauan desain dengan melalui 4 tahap yaitu tahap deskriptif, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi. Sehingga artikel ini membuktikan bahwa kemasan selain berfungsi sebagai pengemas produk juga berfungsi sebagai media promosi yang komunikatif dan harus diperhatikan dalam penciptaannya dengan memperhatikan elemen visual yang digunakan untuk membangun sebuah desain kemasan. Berhasil dimaksimalkannya fungsi kemasan dibuktikan oleh desain kemasan permen Kopiko “Coffee Candy” yang secara keseluruhan elemen–elemen visual pembangun desain kemasan ini berhasil mengomunikasikan pesan yang ingin disampaikan desainer dan perusahaan.
Most people do not consider the importance of a packaging so they cannot maximize its function, even though packaging can be an attractive factor through its attractive packaging design as well as building the trust of potential consumers if the packaged product is well protected. One of them is Kopiko candy "Coffee Candy", the visual design of this Kopiko candy packaging always gets a positive response from the public so it can be accepted, known and demanded and is able to deliver Kopiko candy to successfully dominate the candy market worldwide. The trigger of this visual packaging design is acceptable and makes the product known and demanded depending on the visual elements present in the packaging design. In this article will examine the visual elements along with what messages are contained in the visual packaging design using the design review research method by going through 4 stages, the descriptive stage, formal analysis, interpretation, and evaluation. Sothis article proves that the packaging in addition to functioning as product packaging also functions as a communicative promotional media and must be considered in its creation by paying attention to the visual elements used to build a packaging design. The success of maximizing the packaging function evidenced by the packaging design of Kopiko's "Coffee Candy" candy which overall the visual elements that build this packaging design successfully communicate the message of the designer and company want to convey.