Hubungan Halo Effect dengan Kecemasan Sosial
Halo Effect Relationship With Social Anxiety
Kecemasan sosial yang terjadi pada individu dapat disebabkan oleh ketidakpastian pada situasi sosial. Ketidakpastian tersebut yaitu ketidakpastian dalam berkomunikasi. Individu cenderung menyederhanakan pemikiran yang dapat dilakukan dengan cara melakukan halo effect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan halo effect dengan kecemasan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 273 mahasiswa psikologi Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala halo effect yang disusun mengacu pada beberapa tokoh ahli dan skala kecemasan sosisal yang disusun mengacu pada teori La Greca & Lopez (1998) dengan menggunakan jenis skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi person product moment dengan bantuan software SPSS 29.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.130 (r=0.130), dan nilai signifikansi sebesar 0.032 (<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara halo effect dengan kecemasan sosial. Hubungan antar variabel juga menunjukkan arah yang positif yang berarti bahwa semakin tinggi halo effect maka semakin tinggi juga kecemasan sosial yang dialami oleh individu. Sebaliknya, semakin rendah halo effect maka semakin rendah juga kecemasan sosial yang dialami individu.
Kata Kunci: Halo Effect, Kecemasan Sosial
Social anxiety that occurs in individuals can be caused by uncertainty in social situations. The uncertainty is the uncertainty in communication. Individuals tend to simplify thinking which can be done by doing a halo effect. This study aims to determine the relationship between the halo effect and social anxiety. This research uses quantitative research methods. The subjects of this study were 273 psychology students at Surabaya State University. The data collection technique was carried out using a halo effect scale which was compiled according to several expert figures and the social anxiety scale which was compiled according to the theory of La Greca & Lopez (1998) using a Likert scale type. The data analysis technique in this study used the person product moment correlation technique with the help of SPSS 29.0 software for windows. The results of the data analysis show that the correlation coefficient (r) is 0.130 (r=0.130), and the significance value is 0.032 (<0.05). This shows that there is a significant relationship between the halo effect and social anxiety. The relationship between variables also shows a positive direction, which means that the higher the halo effect, the higher the social anxiety experienced by individuals. Conversely, the lower the halo effect, the lower the social anxiety experienced by individuals.
Keywords: Halo Effect, Social Anxiety