PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL ( PROJECT BASED LEARNING ) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JATIREJO
THE INFLUENCE OF THE PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) MODEL ON THE LEARNING OUTCOMES OF UNDERHAND PASSING IN VOLLEYBALL AMONG TENTH-GRADE STUDENTS OF SMK NEGERI 1 JATIREJO
Pendidikan sangat penting untuk banyak aspek kehidupan, olahraga dan kesehatan merupakan dua dari banyak aspek yang ada. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memiliki fungsi krusial karena memberi peluang bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran jasmani yang sistematis. Penelitian ini berangkat dari permasalahan dalam pembelajaran bola voli, terutama pada teknik passing bawah, di mana siswa kurang terlibat aktif dan pergerakan mereka dibatasi oleh aturan yang ditetapkan guru, sehingga menghambat kemampuan mereka dalam berkolaborasi, berinteraksi, dan berkreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeganalisis dampak model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Jatirejo serta mengukur besarnya pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 70 siswa yang dipilih menggunakan metode cluster random sampling, dengan 35 siswa dari kelas X TMI 1 sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa dari kelas X TKR 2 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan passing bawah bola voli pada siswa. Peningkatan ini ditunjukkan melalui perbedaan hasil pretest dan posttest, dengan peningkatan sebesar 24,71% pada tes pengetahuan dan 41,10% pada tes keterampilan.
Kata Kunci : PjBL, Bola Voli, Passing Bawah
Education is very important for many aspects of life, sports and health are just two of the many facets of life that depend on education. Because it gives students the chance to actively participate in organized physical learning activities, the Physical Education, Sports, and Health (PJOK) course is essential. Problems with volleyball education, specifically with underhand passing tactics, are the source of this study. Students are less engaged in the game and are unable to move freely due to teacher-imposed regulations, which limits their capacity for cooperation, interaction, and creativity. This study aims to assess the effect of the Project-Based Learning (PjBL) model on tenth-grade volleyball students at SMA Negeri 1 Jatirejo's underhand passing abilities and quantify the degree of this influence. An experimental technique using a Randomized Control Group Pretest-Posttest design is the study methodology employed. 70 students, 35 from class X TMI 1 as the experimental group and 35 from class X TKR 2 as the control group, were chosen for the study using the cluster random sampling method. The findings of the study show that the PjBL learning model significantly enhances students' volleyball underhand passing abilities. Differences between pretest and posttest results illustrate this improvement, with the knowledge test showing a 24.71% rise and the skills test showing a 41.10% increase.
Keywords: PjBL, Volleyball, Underhand Passing