MOTIVASI SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SMA AL-FALAH PAMEKASAN
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran. Untuk mengikuti ekstrakurikuler setiap siswa memerlukan motivasi untuk mendorong dan membangkitkan semangat dirinya mengikuti ekstrakurikuler tersebut. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SMA Al-Falah Pamekasan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner motivasi yang terdiri dari 2 indikator pernyataan motivasi intrinsik dengan sub indikator fisik, bakat, minat, dan motif serta indikator pernyataan ekstrinsik dengan sub indikator lingkungan, keluarga, sarana prasarana, dan pelatih, pengambilan data dilakukan secara online melalui google form yang di sebar melalui aplikasi whatsapp. Subjek penelitian ini diambil secara purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di SMA Al-Falah Pamekasan. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai angka validitasnya 0,361 dan angka reliabilitasnya 0,946. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS version 25. Dari hasil analisis data diperoleh data motivasi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMA Al-Falah Pamekasan yaitu motivasi intrinsik sebesar 51% dengan kecondongan sub indikator yang paling berpengaruh yaitu fisik dengan skor 410. Sedangkan persentase motivasi ekstrinsik sebesar 49% dengan kecondongan sub indikator yang paling berpengaruh yaitu pelatih dengan skor 402.
Kata Kunci: motivasi, ekstrakurikuler, pencak silat
Extracurricular activities were carried out outside of class hours. Every student needs the motivation to inspire participate in extracurricular activities. The study aimed to determine students' motivation level in extracurricular pencak silat activities at al-Falah Pamekasan high school. This research was included in the typed of quantitative descriptive analysis. The data collection technique used a motivational questionnaire consisting of 2 indicators of intrinsic motivation statements with sub-indicators of physical, talent, interest, and motives and hands of extrinsic statements with sub-indicators of environment, family, infrastructure, and trainers, where data collection was carried out online through google forms distributed via the WhatsApp application. Subjects in this study were taken by purposive sampling. The researched issue was 30 students participating in extracurricular pencak silat activities at sma al-Falah Pamekasan. The questionnaire used in this study had a validity score of 0. 361 and a reliability score of 0. 946. The data analysis technique in this study used the percentage assisted by the SPPS version 25 application. From the results of data analysis that has been obtained, it can be concluded that the percentage motivation of students who took part in Pencak Silat extracurricular at SMA Al-Falah Pamekasan is ntrinsic motivation was 51% with the most influential sub-indicator inclination, namely physical with a score of 410. While the percentage of extrinsic motivation was 49% with the most influential sub-indicator leaning, namely coach with a score of 402.
Keywords: motivation, extracurricular, pencak silat.