The Effect of Realistic Mathematics Education (RME) Approach on Understanding The Concept of Mathematics Geometry in Grade II Elementary School
Penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education memecahkan permasalahan dengan pemanfaatan realita sehingga peserta didik dapat memperoleh pemahaman secara mandiri memahami dan memperlancar proses pembelajaran matematika khususnya materi geometri. Aspek pembelajaran RME pada penelitian ini terdiri dari : (1) Mengajukan persoalan yang nyata diawal; (2) Persoalan atau permasalahan yang diberikan memiliki korelasi dengan indikator pemahaman konsep; (3) Permasalahan yang diajukan dapat dikembangkan kembali oleh peserta didik; (4) Dalam proses pembelajaran antar peserta didik dapat mengkritik maupun memberi saran, memahami jawaban, mencari alternatif penyelesaian serta melakukan refleksi yang berlangsung secara interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan RME yang diterapkan kepada peserta didik kelas II Sekolah Dasar. Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Rancangan yang digunakan dengan jenis Quasi experiment dan instrumen alat ukur yaitu pre-test post-test. Populasi dari penelitian ini yaitu meliputi seluruh peserta didik kelas II di salah satu SD di Kab. Mojokerto dengan sampel kelas IIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan RME berpengaruh terhadap pemahaman konsep melalui indikator yang ditentukan dibuktikan dengan adanya hasil nilai rata-rata tes yang dilakukan dengan nilai pre-test kelas kontrol sebesar 54.00 dan kelas eksperimen sebesar 52.33 ditemukan selisih nilai sebesar 1.67. Dan nilai post-test kelas kontrol sebesar 77.17 dan kelas eksperimen sebesar 85.17 ditemukan selisih nilai sebesar 9.00. Dalam hal ini, uji hipotesis juga mendukung pernyataan tersebut dengan sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, terdapat perbedaan atau pengaruh yang signifikan dari pendedekatan RME terhadap pemahaman konsep Matematika materi geometri pada peserta didik kelas II.
Kata kunci : Pendekatan RME, Pemahaman Konsep
The use of the Realistic Mathematics Education approach solves problems by utilizing reality so that students can gain understanding independently of understanding and facilitating the process of learning mathematics, especially geometry material. The learning aspects of RME in this study consisted of: (1) Asking real problems at the beginning; (2) The problems or problems given have a correlation with indicators of understanding the concept; (3) The problems raised can be redeveloped by students; (4) In the learning process between students can criticize or give suggestions, understand answers, look for alternative solutions and reflect interactively. This study aims to find out how the influence of the RME approach is applied to class II elementary school students. Based on its approach, this research uses quantitative research with experimental research methods. The design used is a quasi-experimental type and measuring instruments, namely the pre-test post-test. The population of this study includes all second grade students at one of the elementary schools in Kab. Mojokerto with a sample of class IIA as the experimental class and class IIB as the control class. The results of this study indicate that the RME approach has an effect on conceptual understanding through the specified indicators as evidenced by the results of the average score of the tests conducted with the control class pre-test value of 54.00 and the experimental class of 52.33 found a difference in value of 1.67. And the post-test value of the control class was 77.17 and the experimental class was 85.17 and found a difference in value of 9.00. In this case, the hypothesis test also supports the statement with sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 which means that Ha is accepted and H0 is rejected. So, there is a significant difference or influence from the RME approach to the understanding of mathematical concepts in geometry material in class II students.
Keywords : Realistic Mathematics Education approach, concept comprehesion