Karakter sosial anak sangat penting sekali untuk diperhatikan, dikembangkan dan diterapkan dengan baik. Suatu pembelajaran akan berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak, terutama karakter kerjasama dan kepedulian anak. Urgensi dalam penelitian ini adalah karakter sosial anak usia 6 – 6 tahun yang kurang ditingkatkan melalui proses pembelajaran di sekolah dan pembelajaran karakter sosial anak juga perlu dilakukan dirumah dengan pembiasaan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap karakter sosial anak usia 5 – 6 tahun di TK Tanjungsari Surabaya. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dan desain penelitian pre-eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis dengan rumus Wilcoxon Match Pairs di bantu software SPSS For Windows. Hasil perhitungan data menggunakan Wilcoxon Match Pairs , dengan Signifikan 0,05 diperoleh hasil rata – rata data kenaikan pretest dan posttest sebesar 4,05. Maka, didapatkan hasil dari uji hipotesis bahwa nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,001dimana nilai ini lebih kecil dari nilai batas syarat signifikansi 0,05 atau 0,001 < 0,05. Dapat ditarik kesimpul;an bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh dari pembelajaran project based learning terhadap karakter sosial anak usia 5-6 tahun di TK Tanjungsari Surabaya.
Kata Kunci : project based learning, karakter sosial, anak usia dini
Children's social character is very important to pay attention to, develop and implement well. Learning will influence the development of a child's character, especially the character of cooperation and caring for children. The urgency in this research is that the social character of children aged 6 - 6 years is not being improved enough through the learning process at school and learning about children's social character also needs to be done at home with good habits. The aim of this research is to analyze and describe whether or not there is an influence of Project Based Learning character learning on the social life of children aged 5 - 6 years at Tanjungsari Kindergarten Surabaya. The method used is quantitative and pre-experimental research design with one group pretest-posttest type. Data was collected using observation and documentation techniques. The analysis used in this research is analysis using the Wilcoxon Match Pairs formula assisted by SPSS For Windows software. The results of data calculations using the Wilcoxon Match Pairs, with a significance of 0.05, resulted in an average increase in pretest and posttest data of 4.05. So, the results obtained from the hypothesis test are that the value of Asymp. signature. (2 tailed) is 0.001, where this value is smaller than the threshold value for the significance requirement of 0.05 or 0.001 < 0.05. It can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. Based on the data analysis that has been carried out, it can be stated that there is an influence of project based learning on the social character of children aged 5-6 years at Tanjungsari Kindergarten Surabaya.