Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan suatu perusahaan, karena kepuasan pelangan mempunyai dampak positif dalam penjualan maupun citra perusahaan. Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia sangat memperhatikan unsur – unsur yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan salah satu nya dengan Komunikasi Pemasaran. Komunikasi Pemasaran dapat membentuk kepuasan pelanggan, salah satu unsur komunikasi pemasaran yang memberikan pengaruh positif bagi perusahaan yaitu physical evidence. Bersamaan dengan peluncuran kartu seluler Loop, Telkomsel juga mendirikan Loop Station di 4 kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya sebagai bukti fisik dari Telkomsel selain GraPARI. Surabaya menjadi salah satu kota pilihan dibangunnya Loop Station, diharapkan Telkomsel dapat lebih dekat di kalangan anak muda Surabaya. Loop Station Surabaya sebagai bukti fisik dari Telkomsel sekaligus sebagai wadah ataupun tempat berkumpulnya anak muda Surabaya untuk mengembangkan kreatifitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan physical evidence dan kepuasan pelanggan Loop Station Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik voluntary sampling dengan mengambil sampel sebanyak 375 responden dengan kriteria telah telah mengunjungi Loop Station Surabaya. Analisis data yang digunakan analisis korelasi dengan menggunakan metode rank spearman Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara physical evidence dana keputusan kepuasan konsumen Loop Station Surabaya.
Kata Kunci: Physical Evidenvce, Kepuasan Pelanggan, Telkomsel, Loop Station Surabaya, Rank Spearman.
Customer satisfaction is one of the goals of a company, because customer satisfaction has a positive impact on sales and corporate image. Telkomsel as the largest cellular telecommunications company in Indonesia is very concerned with elements that can improve customer satisfaction, one of them is Marketing Communication. Marketing communication can form customer satisfaction, one of the elements of marketing communication that gives a positive influence on the company is physical evidence. Along with the launch of the Loop cellular card, Telkomsel also established Loop Stations in 4 cities namely Jakarta, Bandung, Yogyakarta and Surabaya as physical evidence from Telkomsel in addition to GraPARI. Surabaya has become one of the cities chosen for the construction of the Loop Station, it is hoped that Telkomsel can be closer to Surabaya's young people. Surabaya Loop Station as physical evidence from Telkomsel as well as a place or gathering place for Surabaya young people to develop creativity. The purpose of this study is to find out the relationship between physical evidence and customer satisfaction at Loop Station Surabaya. This study uses a quantitative approach and voluntary sampling technique by taking a sample of 375 respondents with the criteria of having visited the Surabaya Loop Station. The data analysis in this study used correlation analysis using the Spearman rank method. The results of the data analysis showed that there was a significant relationship between physical evidence and consumer satisfaction decisions in Loop Station Surabaya.
Keywords: Physical Evidence, Customer Satisfaction, Telkomsel, Surabaya Loop Station, Spearman Rank