Penelitian ini berdasarkan pada analisis kebutuhan
mengenai problematika dalam proses pembelajaran yang melibatkan keterampilan
membaca pemahaman siswa khususnya dalam memahami suatu teks bacaan. Dari
analisis kebutuhan terhadap pentingnya keterampilan membaca pemahaman dengan
membuat produk berupa perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan
keterampilan membaca siswa dalam memahami suatu teks bacaan yaitu perangkat
pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe MURDER. Tujuan penelitian ini
adalah menjelaskan proses, tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari
perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
pengembangan Research and Development
(R&D) dengan menggunakan rancangan model ADDIE . Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Manukan
Kulon Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan observasi, validasi, angket, penilaian
pembelajaran, dan tes dengan desain penelitian one group pre-test post-test design . Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan
perangkat pembelajaran model kooperatif tipe MURDER dengan persentase sebesar
98%-100%. Tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe
MURDER pada uji coba I dan II sebesar 100% sedangkan hasil ketercapaian
pembelajaran pada uji coba I dan II adalah 94,65% dan 97,32%. Untuk hasil
rata-rata respon guru pada uji coba I dan II adalah 95% dan 97,5%. Tingkat
keefektifan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe MURDER ditentukan dari
hasil post-test keterampilan membaca
pemahaman siswa pada uji coba I dengan nilai thitung lebih besar
dari ttabel yaitu 6,84 ≥ 2,365 pada uji coba I dan 13,75 ≥ 2,052
pada uji coba II. Sedangkan hasil respon siswa pada uji coba I dan II adalah
95% dan 98,9%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa
perangkat pembelajaran model kooperatif tipe MURDER dapat meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman siswa pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1 kelas
IV di SDN Manukan Kulon VI Surabaya.
Kata Kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, model pembelajaran kooperatif, tipe MURDER,
keterampilan membaca pemahaman.