Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Di Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya
ABSTRAK
Sophianingreki. 2021. “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru Di Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya”. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd (1) dan Dr. Mudjito,Ak.,M.Si (2)
Kata Kunci : Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Profesionalitas Guru
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh signifikan Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Profesionalitas Guru. Penelitian di laksanakan di sekolah Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan Penelitian dalam penulisan ini sifatnya associative causal yang memiliki tujuan untuk memahami mengetahui dampak pengaruh 2 variabel bebas atau lebih kepada variabel terikat. Responden dalam penelitian adalah guru di SD Santo Yosef, KB-TK Santo Carolus, SD Santo Carolus, SMP Santo Carolus yang berjumlah 76 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap profesionalitas guru di Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya. Hasil pengujian hipotesis pengaruh supervisi akademik terhadap profesionalitas guru diperoleh nilai thitung sebesar 3,271 > ttabel (1,993) dengan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, yang berarti pengaruh antar variabel adalah signifikan. ; 2) terdapat pengaruh yang signifikan Budaya Organisasi Sekolah terhadap profesionalitas guru di Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya. Hasil pengujian hipotesis pengaruh budaya sekolah terhadap profesionalitas guru diperoleh nilai thitung sebesar 8,323 > ttabel (1,993) dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti pengaruh antar variabel adalah signifikan. ; 3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara supervisi akademik kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap profesionalitas guru di Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya, Hasil pengujian hipotesis secara simultan diperoleh hasil nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel (285,487 > 3,122) dan signifikansi 0,000 < 0,05 yang membuktikan secara bersama-sama, pengaruh supervisi akademik dan budaya sekolah terhadap profesionalitas guru adalah signifikan.
ABSTRACT
Sophianingreki. 2021. "The Influence of Principal Academic Supervision and School Culture on Teacher Professionalism in the Surabaya Region Tarakanita Foundation". Surabaya State University Postgraduate Program. Advisor: Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd (1) and Dr. Mudjito, Ak., M.Si (2)
Keywords: Principal Academic Supervision, School Culture, Teacher Professionalism
This study aims to find the significant influence of the Principal's Academic Supervision and School Culture on Teacher Professionalism. The research was carried out at the Surabaya Region Tarakanita Foundation school. This type of research is quantitative research. While the research in this writing is associative causal which has the aim to understand the impact of the influence of 2 or more independent variables on the dependent variable. Respondents in the study were 76 teachers at SD Santo Yosef, KB-TK Santo Carolus, SD Santo Carolus, SMP Santo Carolus. The data collection technique used a questionnaire. The results of this study suggest that 1) there is a significant effect of the principal's academic supervision on teacher professionalism at the Surabaya Region Tarakanita Foundation. The results of testing the hypothesis of the effect of academic supervision on teacher professionalism obtained tcount of 3.271> t table (1.993) with a significance of 0.002 <0.05, which means that the effect between variables is significant. ; 2) there is a significant influence of School Organization Culture on teacher professionalism at the Surabaya Region Tarakanita Foundation. The results of testing the hypothesis of the influence of school culture on teacher professionalism obtained tcount of 8.323> t table (1.993) with a significance of 0.000 <0.05, which means that the influence between variables is significant. ; 3) there is a significant influence jointly between the principal's academic supervision and school organizational culture on teacher professionalism at the Tarakanita Foundation, Surabaya Region, the results of simultaneous hypothesis testing are obtained that the Fcount value is greater than Ftable (285,487> 3,122) and a significance of 0,000 <0.05 which proves that together, the effect of academic supervision and school culture on teacher professionalism is significant.