TIFA PARCEL WEDDING GIFT PRODUCT PHOTO DESIGN FOR INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ADVERTISING
Abstrak
Perancangan foto produk wedding gift Tifa Parcel diawali dari pemiliknya yang ingin mencari solusi dari permasalahan usahanya yang memiliki foto produk kurang menarik dan tidak sesuai dengan teori fotografi sehingga kurang bisa menunjang kegiatan promosi dari Tifa Parcel. Perancangan ini dibuat untuk memperbaiki kualitas foto produk dari Tifa Parcel yang selama ini hanya memotret produknya menggunakan ponsel pintar. Tujuan dibuatnya perancangan ini adalah untuk menampilkan foto produk Tifa Parcel secara sederhana dimata para pelanggan serta memiliki tata letak yang unik. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif karena metode kualitatif memiliki sifat realitas yang ganda, holostik, dinamis, dan hasil konstruksi berdasarkan pemahaman. Serta hubungan peneliti dan yang diteliti bersifat interaktif dengan sumber data yang mana hubungan variabelnya bersifat timbal balik sehingga membuat metode ini menjadi yang paling tepat digunakan dalam perancangan ini. Menggunakan teknik perancangan design thinking model Gavin Ambrose dimulai dari tahap define, research, ideate, prototype, select, implement dan learn sehingga menghasilkan hasil akhir yang bisa digunakan oleh pemilik Tifa Parcel sebagai media penunjang promosi. Dan berdasarkan hasil dari perancangan ini menunjukkan bahwa perancangan ini memiliki hasil akhir berupa foto produk wedding gift dari Tifa Parcel yang memiliki konsep soft wedding yang menggunakan warna pastel, dan diimplementasikan menjadi sebuah iklan di media sosial Instagram untuk mempromosikan produk wedding gift dari Tifa Parcel.
Abstract
The design of Tifa Parcel's wedding gift product photos begins with the owner who wants to find a solution to his business problems, which has product photos that are less attractive and not in accordance with photography theory, so they can't support promotional activities from Tifa Parcel This design is made to improve the quality of product photos from Tifa Parcel, who so far only takes pictures of their products using smart phones. The purpose of this design is to display photos of Tifa Parcel products in a simple way in the eyes of customers and have a unique layout. The research method used by the author is a qualitative research method because the qualitative method has a dual, holistic, dynamic nature of reality, and the construction results are based on understanding. And the relationship between the researcher and the researched is interactive with the data source where the relationship between the variables is reciprocal, making this method the most appropriate to use in this design. Using Gavin Ambrose's design thinking model design technique starting from the define, research, ideate, prototype, select, implement and learn stages so as to produce final results that can be used by Tifa Parcel owners as a promotional support media. And based on the results of this design, it shows that the design that has the final result is a photo of a wedding gift product from Tifa Parcel which has a soft wedding concept that uses pastel colors, and is implemented into an advertisement on Instagram social media to promote wedding gift products from Tifa Parcel.
Keywords: Photography, Product Photo, Promotion