PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
THE EFFECT OF MIND MAPPING MEDIA ON LEARNING OUTCOMES OF VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS IN AUTOMOTIVE ENGINEERING BASIC WORK SUBJECTS
Pendidikan adalah proses di mana siswa menjadi dewasa secara intelektual maupun emosional dan spiritual. Sebagai suatu proses, pendidikan sangat erat kaitannya dengan berbagai unsur yang menyatu dalam suatu sistem, yaitu guru, siswa, kurikulum, sarana dan prasarana. media memegang peranan penting dalam proses pembelajaran karena ketersediaan media dapat memperjelas materi yang dipelajari sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar. Diantara berbagai media yang ada, media yang tepat adalah media mind mapping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan media mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif . Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan quasi experiment non equivalent pretest dan postest
Hasil uji T dari penelitian ini menunjukkan T hitung lebih besar dari T table (5,499>2,036) sehingga Ha2 yang menyatakan ada pengaruh media pembelajaran Mind Mappiing terhadap hasil belajar siswa diterima dengan besarpengaruh29,32%
Kata Kunci: Media , Mind Mapping , Hasil belajar
Education is the process by which students mature intellectually as well as emotionally and spiritually. As a process, education is closely related to the various elements that unite in a system, namely teachers, students, curriculum, facilities and infrastructure. media plays an important role in the learning process because the availability of media can clarify the material being studied so that it can improve student learning outcomes in learning. Among the various existing media, the right media is mind mapping media.
This study aims to determine whether there is influence from the use of mind mapping media on student learning outcomes in the subject of Basic Automotive Engineering. This study uses descriptive quantitative research with a quasi-experimental approach, non-equivalent pretest and posttest
The results of the T test from this study show that T count is greater than T table (5.499> 2.036) so that Ha2 which states that there is an influence of Mind Mapping learning media on student learning outcomes is acceptedwithalarge influence of 29.32%
Kata Kunci: Media , Mind Mapping , Learning Outcomes.