Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bersusun Pada Anak Tunarungu
The Influence Of Parental Chaperones On Learning The Mathematics Of Framing Deaf Children
Meminimalisir kesulitan belajar matematika penjumlahan bersusun pada anak tunarungu, salah satunya memanfaatkan pendampingan orangtua. Pelaksanaan pendampingan orangtua secara bertahap dan rutin di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali pengaruh pendampingan orangtua terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bersusun pada anak tunarungu. Metode penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dan rancangan one group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunarungu usia 10-12 tahun berjumlah 6 anak dengan hambatan tunarungu ringan. Pada penelitian dilaksanakan treatment 5 kali dengan durasi 25 menit setiap sesi. Pengumpulan data dengan tes pemahaman berbentuk soal matematika penjumlahan bersusun. Data dianalisis dengan statistik uji tanda peringkat Wilcoxon dengan SPSS 25.
Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan bersusun pada anak tunarungu saat postest. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa T=0 dengan hasil signifikan 0,00 <0,05 menjelaskan terdapat perbedaan yang siginifikan hasil belajar anak sebelum dan sesudah diberikan treatment pendampingan orangtua, yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh pendampingan orangtua terhadap hasil belajar matematika penjumlahan bersusun pada anak tunarungu.
Kata kunci : pendampingan orangtua, hasil belajar, anak tunarungu
Minimize the challenge of learning the mathematics of summing up deaf children, one of which is taking advantage of parental companionship. The gradual and frequent performance of parental supervision at home. The study aims to discover the influence of parents partners on the mathematics of framing deaf children. Quantitative research methods with the type of pre-experimental research and design of one group pretest-postest design. The subject of this study is 10-12 year old deaf children with mild deaf barriers. In research, treatment is administered 5 times, with 25 minutes of each session. Data collection with insights is a matter of mathematics. Data analysis with Wilcoxon rating statistics with a 25 SPSS.
Analysis shows an increase in the results of studying numerical summation of deaf children at the time of the postest. Additionally, studies also show that T=0 with a significant improvement of 0,00 < 0,05 explains a significant difference in child study prior to and after treatment of parent, which could be argued that there was a significant influence on parental mentoring of mathematics in deaf children.
Keywords : parental chaperones, learners, deaf children