Penyuluhan sebagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran, disamping sikap dan perbuatan untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di MTsN 1 Sumenep, menggunakan perangkat buku saku dan poster serta instrumen penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivitasan dan keterlaksanaan penyuluhan.
Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang dapat diaplikasikan dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII, berjumlah 33 orang. Data dikumpulkan dengan teknik tes berupa tes tulis (pretest-posttest), non tes berupa angket dan observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji Paired Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keefektivitasan penyuluhan dilihat dari hasil pretest-posttest pengetahuan dan pre-post skala sikap mengalami peningkatan yang signifikan dan 2) Keterlaksanaan penyuluhan dilihat dari minat peserta penyuluhan dan observasi kegiatan penyuluhan dengan kategori penerimaan yang sangat baik.
Penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan perangkat penyuluhan PHBS di MTsN 1 Sumenep berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap terkait materi penyuluhan. Peanekaragaman perangkat penyuluhan interaktif disarankan agar dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar peserta penyuluhan.
Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Perangkat Penyuluhan, Pengetahuan dan Sikap
Counseling as an activity to increase knowledge and awareness, in addition to attitudes and actions for Clean and Healthy Life Behavior (CHLB) at MTsN 1 Sumenep, using device in the form of pocket book and posters. The purpose to be achieved in this study was to determine the implementation effectiveness and implementation of the counseling.
This research was an applied research with quantitative descriptive method. The sample in this research were students class VIII, numbered 33 people. Data were obtained by test techniques in the form of written test (pretest-posttest), non test in the form of questionnaires and observation, also documentation. Data were analyzed using analysis Paired Sample T-test.
The results showed that: 1) The effectiveness of counseling was seen from the results of the pretest-posttest knowledge and the pre-post attitude scale had a significant increase and 2) The implementation of counseling was seen from the interest of the counseling participants and observation of counseling activities with very good acceptance categories.
This research indicates that the application of CHLB counseling devices at MTsN 1 Sumenep affect the increase in knowledge and attitudes related to counseling material. Diverse device for interactive counseling are suggested to be able to improve the understanding and motivation of learning participants.
Keywords: Clean and Healthy Life Behavior (CHLB), Counseling Device, Knowledge and Attitude,