Pembelajaran aplikasi komputer tidak hanya terpaut pada pemahaman materi akuntansi saja tetapi juga dipengaruhi hal-hal lain yang bisa menjadi faktor peningkatan hasil belajar aplikasi komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengantar Akuntansi, Kosa Kata Bahasa Inggris, Locus of Control, dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar aplikasi komputer pada siswa kelas XI Auntansi SMK Negeri 10 Surabaya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi ahli akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 103 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dimana dari ketiga kelas XI Akuntansi didapatkan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil yaitu: (1) Pengantar Akuntansi, Kosa Kata Bahasa Inggris, Locus of Control, dan Fasilitas Laboratorium Komputer secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya (2) Pengantar Akuntansi mempunyai pengaruh yang signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya (3) Kosa Kata Bahasa Inggris mempunyai pengaruh yang cukup signifikan Terhadap hasil belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya. (4) Locus of Control mempunyai pengaruh yang signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya. (5) Fasilitas Laboratorium Komputer mempunyai pengaruh yang tidak signifikan Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Siswa Kelas XI Akuntasi SMK Negeri 10 Surabaya
Kata Kunci: Pengantar akuntansi, Kosakata bahasa inggris, Locus of control, fasilitas laboratorium komputer, hasil belajar aplikasi komputer
Learning computer applications is not only adhered to the understanding of accounting material but also influenced by other things that could be a factor in improving the learning outcomes of computer applications. This study aims to determine and analyze the effect of Introduction to Accounting, English Vocabulary, Locus of Control, and computer laboratory facilities on the learning outcomes of computer applications in class XI Auntansi Vocational High School Negeri 10 Surabaya. The type of this research is quantitative research. The population in this study were students of class XI competency accounting experts at Vocational High School Negeri 10 Surabaya, amounting to 103 students. Sampling uses a random sampling technique wherein the three classes of XI Accounting obtained a total sample of 82 students. The data collection techniques used are tests and questionnaires. Data analysis techniques in this study used multiple linear regression analysis with the help of SPSS version 17.0. Based on the results of data analysis, the results are: (1) Introduction to Accounting, English Language Vocabulary, Locus of Control, and Computer Laboratory Facilities simultaneously have a significant effect on Computer Application Learning Outcomes in Class XI Accounting of State 10 Vocational High School Surabaya (2) Introduction to Accounting has a significant effect on Computer Application Learning Outcomes in Class XI Accounting Students of State Vocational High School 10 Surabaya (3) English Vocabulary has a significant influence on the learning outcomes of Computer Applications in Class XI Accounting Vocational Middle School Students 10 Surabaya. (4) Locus of Control has a significant influence on Computer Application Learning Outcomes in Class XI Accounting Students of Vocational Middle School 10 Surabaya. (5) Computer Laboratory Facilities have insignificant influence on Computer Application Learning Outcomes in Class XI Accounting Students of State 10 Vocational High School Surabaya
Keywords: Introduction to accounting, English vocabulary, Locus of control, computer laboratory facilities, computer application learning outcomes