Sunarno L.H , 2021. Pengaruh
penerapan model problem based learning dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar berpikir tingkat tinggi dan afektif kolaboratif pada matakuliah dasar-dasar kependidikan di
Universitas Negeri Surabaya . Pembimbing : (I) Prof
Dr. Rusijono, M.Pd. , dan (II ) Dr. Bachtiar S Bachri, M.Pd.
Kata -kata kunci: M odel problem based learning , kemandirian belajar, hasil belajar berpikir tingkat tinggi, afektif
kolaboratif.
Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji adakah pengaruh penerapan
model problem based learning , terhadap hasil belajar
berpikir tingkat tinggi, (2) menguji adakah pengaruh kemandirian belajar
terhadap hasil belajar berpikir tingkat tinggi, (3) menguji adakah pengaruh
penerapan model problem based learning , terhadap hasil belajar afektif kolaboratif,
(4) menguji adakah pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar afektif
kolaboratif, (5) menguji adakah interaksi penerapan model problem based learning , dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar berpikir tingkat tinggi,
(6) menguji adakah interaksi penerapan model problem based learning , dan kemandirian belajar terhadap afektif kolaboratif.
Pada
penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen postest
quivalent control group design versi faktorial 2x2. Jenis penelitian
ini memanipulasikan sesuatu stimuli, treatment atas kondisi-kondisi
eksperimental, kemudian mengobservasi pengaruh yang diakibatkan oleh adanya
perlakuan atau manipulasi tersebut. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan
data ada dua yaitu (1) angket untuk memperoleh data tentang kemandirian dan
afektif kolaboratif, (2) tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar
berpikir tingkat tinggi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan
uji statistik
multivariat dengan program SPSS .
Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, yang berarti model problem
based learning , berpengaruh terhadap hasil belajar berpikir
tingkat tinggi, (2) nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, yang berarti kemandirian belajar
berpengaruh terhadap hasil belajar berpikir tingkat tinggi, (3) nilai
signifikansi 0,000 lebih kecil dari α =
0,05, yang berarti model problem based learning , berpengaruh terhadap afektif kolaboratif, (4) nilai
signifikansi 0,000 lebih kecil dari α =
0,05, yang berarti kemandirian belajar berpengaruh terhadap afektif
kolaboratif, (5) nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, yang berarti terdapat interaksi model problem
based learning , dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar
berpikir tingkat tinggi, (6) nilai signifikansi 0,033 lebih kecil dari α = 0,05, yang berarti terdapat interaksi model problem
based learning , dan kemandirian belajar terhadap afektif
kolaboratif.