Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis keunggulan ekstrakurikuler, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, pembinaan kegiatan ekstrakurikuler, faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler, dan usaha-usaha dalam meningkatkan eksistensi ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Pembina Ekstrakurikuler, Waka Kesiswaan, Kepala Sekolah, Pelatih, dan Presiden Ekstrakurikuler EFOS di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler EFOS yaitu jadwal digunakan peserta didik untuk sebagai acuan dalam mengikuti kegiatan. Inovasi yang ada di ekstrakurikuler EFOS yaitu program kerja ekstrakurikuler EFOS selain latihan rutin, terdapat acara inbound untuk mempererat tali kekeluargaan yang dilakukan setiap tahun, pengadaan diklat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berupa teknik-teknik debat, speech, dan story telling. Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler EFOS cukup baik dengan dibuktikan bahwa dalam pembinaan meningkatkan 3 aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yaitu dominan pada faktor internal atau dari dalam diri siswa. Usaha yang dilakukan sekolah yaitu (a) memberikan sarana prasarana, (b) memperhatikan kualitas dari pelatih, (c) memfasilitasi berupa dispensasi, pendanaan dan mobil sekolah, dan (d) memberikan penghargaan.
Kata Kunci: kegiatan ekstrakurikuler, english federation of SMANISDA
This study aims to described and analyzed extracurricular excellence, carry out extracurricular activities, foster extracurricular activities, inhibiting extracurricular activities, and efforts to improve the existence of extracurricular activities at SMA 1 Sidoarjo. This study uses a qualitative approach with a case study method. The subjects of this study are Extracurricular Trustees, Deputy Head of Student Affairs, Principals, Coaches, and President of EFOS Extracurricular at SMA 1 Sidoarjo. The technique of collecting data uses observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data includes a credibility test with source and technique triangulation, member check, transferability test, dependability test, and confirmability test.
The results of the study were follows, the implementation of EFOS extracurricular activities namely The results of the study were follows, the implementation of EFOS extracurricular activities, namely the schedule used by students as a reference in participating in activities. Innovations in EFOS extracurricular namely EFOS extracurricular work program in addition to routine training, there is an inbound event to strengthen the kinship that is carried out every year, providing training to improve students' abilities in the form of debate, speech and storytelling techniques. The development of EFOS extracurricular activities is quite good, as evidenced by the improvement in 3 aspects, namely cognitive, affective and psychomotor. Constraints faced in implementing extracurricular activities are dominant in internal factors or in students. Businesses carried out by the school are (a) providing infrastructure, (b) paying attention to the quality of the trainer, (c) facilitating in the form of dispensation, funding and school cars, and (d) giving awards.
Keywords: extracurricular activities, english federation of SMANISDA