Pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia sangat cepat. Salah satu penyebab banyak muncul ritel modern adalah karena adanya perubahan perilaku belanja konsumen di Indonesia. Motivasi belanja konsumen tidak hanya di dorong oleh motif belanja yang bersifat rasional seperti manfaat dan kebutuhan konsumen akan produk tersebut, namun juga didorong oleh motif lainnya yaitu motif emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh store atmosphere dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berbelanja di Miniso Surabaya secara impulsif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode judgemental sampling sebanyak 220 responden. Penyebaran angket secara offline dengan menggunakan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, dan promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Promosi Penjualan, dan Pembelian Impulsif
The growth of the retail business in Indonesia is very fast. One of the causes of many emerging modern retailers is due to changes in consumer shopping behavior in Indonesia. The motivation of consumer spending is not only driven by rational shopping motives such as the benefits and consumer needs of the product, but also driven by other motives, which is emotional motives. The purpose of this study is to analyze and discuss the effects of store atmosphere and sales promotions on impulsive purchases.
The population in this study were visitors who shop at Miniso Surabaya impulsively. The sampling technique used was nonprobability sampling with a judgmental sampling method of 220 respondents. Distribution of questionnaires offline using a Likert scale. Analysis of the data used is multiple linear regression analysis.
The results showed that store atmosphere had a significant effect on impulsive purchases, and sales promotion had a significant effect on impulsive purchases.
Keywords: Store Atmosphere, Sales Promotion, and Impulsive Purchasing