KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SDN MODEL BANYUWANGI
INSTUCTIONAL LEADERSHIP HEAD MASTER OF MODEL PUBLIC ELEMENTARY SCHOOL BANYUWANGI
Sekolah merupakan sarana dan prasarana untuk setiap manusia dalam melakukan pendidikan. Setiap sekolah pasti memiliki seorang pemimpin yang memimpin dengan baik, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab sehingga mampu menjunjung nama tinggi sekolah. Kepala sekolah merupakan pemimpin yang berada disekolah dan memiliki peran penting dalam lembaga pendidikan. Tercapainya prestasi yang mampu di raih oleh peserta didik merupakan salah satu kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui : (1) Peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SDN Model Banyuwangi; dan (2) strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SDN Model Banyuwangi. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik untuk pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan : keteladanan kepala sekolah baik dalam tindakan maupun kedisiplinan, pembinaan profesionalisme guru yang dilakukan kepala sekolah, penerapan supervisi dan kurikulum 2013, serta prestasi peserta didik.
Kata Kunci : kepala sekolah, kepemimpinan pembelajaran, strategi, peran.
Schools are facilities and infrastructure for every human being in carrying out education. Every school must have a leader who leads well, is creative, innovative, and responsible so that it is able to uphold the high name of the school. The principal is a leader who is in school and has an important role in educational institutions. The achievement of achievements that can be achieved by students is one of the principal learning leadership.
This study aims to analyze and determine: (1) The role of the principal's learning leadership in improving student achievement at SDN Model Banyuwangi; and (2) the principal's learning leadership strategy in improving student achievement at SDN Model Banyuwangi. Researchers used a qualitative approach. Techniques for data collection are through interviews, observation, and documentation study. Data analysis techniques used the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and data verification. The conclusions of this study indicate: exemplary school principals both in action and discipline, teacher professional development carried out by the principal, the implementation of supervision and the 2013 curriculum, and student achievement.
Keywords : principal, instructional leadership, strategy, role.