Pengaruh Literasi Keuangan, Fitur Layanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan E-Money
The Effect Of Financial Literature, Service Features, and Easy Of Use On The Use Of E-Money
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari literasi keuangan, fitur layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap penggunaan e-money. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh sampel penelitian yaitu teknik random sampling yang berjumlah 110 responden mahasiswa aktif Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Metode analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda, yang sebelumnya dilakukan uji instrumen dan uji asumsi klasik. Dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan software SPPS 25. Hasil penelitian ini menyatakan literasi keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap penggunaan e-money, sementara secara parsial fitur layanan dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-money. Sedangkan secara simultan menyatakan bahwa literasi keuangan, fitur layanan, dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap penggunaan e-money.
Kata kunci : Fitur Layanan, Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan, Uang Elektronik
The research was conducted to determine and analyze the effect of financial literacy, service features, and ease of use on the use of e-money. This type of research is a quantitative research. The technique used to obtain the research sample was random sampling technique, amounting to 110 active student respondents in the Accounting Education Study Program, State University of Surabaya. The data analysis method used is multiple linear regression analysis, previously carried out by instrument tests and classical assumption tests. Followed by hypothesis testing using SPPS 25 software. The results of this study state that financial literacy has a negative and insignificant effect on the use of e-money, while partially service features and ease of use have a positive and significant effect on the use of e-money. Meanwhile, simultaneously states that financial literacy, service features, and ease of use have a significant influence on the use of e-money.
Keyword: Financial Literacy, Service Features, Ease of Use, E-Money