Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir
Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan suatu permasalahan, dalam hal ini adalah permasalahan Matematika. Perbedaan tersebut disebabkan oleh gaya berpikir yang dimiliki oleh setiap siswa. Gaya berpikir ini berpengaruh pada cara siswa dalam memproses suatu permasalahan, mulai dari memahami, merencanakan, melaksanakan, dan memeriksa kembali. Untuk itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya berpikirnya dan mengidentifikasi karakteristik langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Metode penelitian dilakukan dengan 4 pedekatan, yakni: angket, TKM, TPM, dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa gaya berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalah matematika yakni: (1) tipe sekuensial konkret (SK) menuliskan informasi dari soal secara lengkap, langkah penyelesaian terurut dan memvisualisasikan; (2) tipe sekuensial Abstrak (SA) menuliskan informasi dari soal secara lengkap, terurut dan tidak mevisualisasikan; (3) tipe acak konkret (AK) tidak menuliskan informasi dari soal, langkah penyelesaian kurang runtut, acak, dan memvisualisasikan; (4) tipe acak viii konkret (AA) menuliskan informasi dari soal secara acak, langkah penyelesaian kurang runtut, dan tidak memvisualisasikan. Setelah dikelompokan, didapatkan bahwa tipe SK dan AA 27,5%, tipe SA 20 %, tipe AK 25%.
Kata Kunci: Siswa SMA, gaya berpikir, permasalahan
Each student has different abilities in solving a problem, in this case is a math problem. The difference is caused by the thinking style of each student. This thinking style affects the way students process a problem, starting from understanding, planning, implementing, and re-examining. For this reason, a study was conducted that aims to classify students based on their thinking styles and identify the characteristics of the steps in solving mathematical problems. The research method was carried out with 4 approaches, namely: questionnaire, TKM, TPM, and interviews. From the results of the study, it was found that the students' thinking styles in solving mathematical problems were: (1) the concrete sequential type (SK) wrote information from the problem in full, the steps for solving it were ordered and visualized; (2) the sequential type Abstract (SA) writes information about the questions completely, in order and does not visualize; (3) the concrete random type (AK) does not write down information from the problem, the completion steps are less coherent, random, and visualize; (4) the concrete random x type (AA) writes information from the questions randomly, the completion steps are less coherent, and do not visualize. After being grouped, it was found that SK and AA types were 27.5%, SA types were 20%, AK types were 25%.
Key words: High school students, thinking style, math problems.