ABSTRAK
Sari, Ni Putu N K. 2019. Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Yusuf Fuad, M. App. Sc., dan (II) Rooselyna Ekawati, M. Sc, Ph. D.
Kata-kata Kunci: Berpikir Aljabar, Kemampuan Matematika, Masalah Pola Bilangan
Pola bilangan telah digunakan tidak hanya dalam pembelajaran matematika tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Pola bilangan juga merupakan salah satu topik penting dalam pendidikan matematika. Kemampuan siswa memahami pola dalam matematika memiliki dampak positif pada pencapaian hasil belajar dalam matematika di tingkat kelas selanjutnya.
Salah satu konsep yang harus dikuasai siswa dalam belajar matematika adalah aljabar. Aljabar merupakan salah satu cabang matematika yang penting dalam membentuk karakter matematika siswa. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan aljabar siswa adalah dengan berpikir aljabar. Berpikir aljabar merupakan suatu aktivitas mental yang terdiri dari beberapa kegiatan berpikir diantaranya: (1) Generalization, (2) Abstraction, (3) Analytic Thinking, (4) Dynamic Thinking, (5) Modeling, dan (6) Organization.
Penelitian ini bertujuan untuk menginvetigasi dan mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa SMP dalam memecahkan masalah pola bilangan yang ditinjau dari kemampuan matematika. Pengambilan data dilaksanakan di SMP LabSchool UNESA tahun ajaran 2018/2019 pada bulan Januari-Februari 2019. Terdapat 2 kelas VIII yang meliputi kelas VIII-A dan kelas VIII-B. Secara purposif dipilih kelas VIII-B yang terdiri atas 21 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.
Seluruh siswa kelas VIII-B harus mengerjakan tes kemampuan matematika dan tes pemecahan masalah. Berdasarkan skor tes kemampuan matematika, skor tes pemecahan masalah, dan dokumen nilai ujian akhir semester ganjil (UAS) diperoleh 1 siswa dengan kategori matematika tinggi, 10 siswa dengan kategori matematika sedang dan 19 siswa dengan kategori matematika rendah. Selanjutnya dipilih tiga siswa dalam kategori matematika tinggi, sedang dan rendah yakni 1 laki-laki dan 2 perempuan sebagai subjek penelitian. Data penelitian diperoleh dari tes pemecahan masalah dan wawancara berbasis tes pemecahan masalah. jawaban hasil tes mendeskripsikan profil berpikir aljabar siswa berdasarkan kemampuan matematika siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kemampuan matematika tinggi memenuhi enam indikator berpikir aljabar seperti generalization, abstraction, analytic thinking, dynamic thinking, modeling, dan organization serta memenuhi empat langkah pemecahan masalah Polya. Siswa kemampuan matematika sedang memenuhi empat indikator berpikir aljabar yaitu generalization, abstraction, modeling dan analytic thinking serta memenuhi empat langkah pemecahan masalah Polya. Siswa kemampuan matematika rendah memenuhi lima indikator berpikir aljabar seperti generalization, abstraction, dynamic thinking, analytic thinking, dan organization namun masih kesulitan dalam memenuhi empat langkah pemecahan masalah Polya.
Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir aljabar siswa dalam memecahkan masalah pola bilangan agar kemampuan siswa berkembang. Pada akhirnya, siswa dapat berpikir aljabar dalam memecahkan masalah matematika.
ABSTRACT
Sari, Ni Putu N K. 2019. Algebraic Thinking Of Junior High School Students in Solving Number Pattern Problem. Thesis, Mathematics Education Program, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Suvervisors: (I) Dr. Yusuf Fuad, M. App. Sc., dan (II) Rooselyna Ekawati, M. Sc, Ph. D.
Keywords: Algebraic Thinking, Mathematics Ability, Solving Problem, Number Pattern
Number pattern has been used not only in mathematical learning, but also in daily life. Number pattern is also an important aspect in mathematics. Students ability to understanding the pattern in mathematics have a positive impact on the achievement of learning mathematics at the next level.
One of the concepts that students must to understand in learning mathematics is algebra. Algebra is one important branch of mathematics to shaping students mathematical characters. One of the way to develop students algebraic abilities is algebraic thinking. Success in algebra depends on at least six kinds of mathematical thinking abilities as follows: Generalization, Abstraction, Analytic thinking, Dynamic thinking, Modeling, and Organization..
This research aims to investigate and describe junior high school students algebraic thinking ability in solving number pattern problem. This research carried out at Unesa LabSchool Junior High School at the second semester of the year of 2018/2019 in January-February 2019. There were two classes of VIII grade that divided on VIII-A and VIII-B. From two available classes of VIII grade, VIII-B was purposively chosen as the samples consisting 21 boys and 9 girls.
All students of VIII B grades had to do two test namely Mathematics Ability Test and Problem Solving Test. Based on the result of the mathematics ability test, problem solving test and the document record of students mathematics performance, there were 1 student in high mathematics ability, 10 students in medium ability and 19 students in low ability. Next, three students in high mathematics ability, medium ability, and low ability (1 boy and 2 girls) were chosen as a research subject. The data of this study were collected from problem solving test and intervew based on problem solving test. The result of test and interview were analysed for describing the junior high school students’algebraic thinking ability based on student’ ability.
The result of this research showed that students with high mathematics ability able to reach six indicators of algebraic thinking like generalization, abstraction, analytic thinking, dynamic thinking, modeling and organization and reach four step of Polyas ways. Students with medium mathematics ability able to reach four indicators of algebraic thinking like generalization, abstraction, modeling and analytic thinking and reach four step of Polyas ways. Students with low mathematics ability able to reach five indicators of algebraic thinking like generalization, abstraction, dynamic thinking, analytic thinking, and organization but still difficult to write down the four step of Polyas ways.
Based on the result, teachers should often give an integer problem excercise so the students’ algebraic thinking develop and students can think algebraic to solving an integer problem.