STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL LSM TUNAS HIJAU DALAM PROGRAM SURABAYA ECO SCHOOL
THE COMMUNICATION STRATEGY OF LSM TUNAS HIJAU SOCIAL MARKETING ON SURABAYA ECO SCHOOL PROGRAM
Strategi pemasaran merupakan salah satu upaya untuk menyampaikan sebuah kampanye ataupun suatu produk untuk diperkenalkan di masyarakat dengan berusaha memberikan keunggulan yang dapat bersaing. Strategi pemasaran dikatakan sebagai salah satu dasar untuk memberikan kegiatan yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai upaya komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Tunas Hijau dalam meningkatkan penyebaran informasi Tunas Hijau. Penelitian ini dilakukan di Tunas Hijau Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap anggota Tunas Hijau terkait dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat strategi komunikasi milik Philip Kotler yang terlihat dalam program Surabaya Eco School terdiri dari product, promotion, presentation dan personnel sehingga dapat diketahui bentuk komunikasi yang diterapkan oleh Tunas Hijau.
Marketing strategy is one of the efforts to convey a campaign or a product to be introduced in the community by trying to provide a competitive advantage. Marketing strategy is said to be one of the foundations for delivering real activities. This study aims to obtain an overview of the marketing communication efforts carried out by Tunas Hijau in increasing the dissemination of information on Tunas Hijau. This research was conducted in Tunas Hijau Surabaya. The data collection technique used is by conducting interviews and observations of members of Tunas Hijau related to this type of descriptive research. The results of this study illustrate that there is a communication strategy belonging to Philip Kotler which is seen in the Surabaya Eco School program consisting of product, promotion, presentation and personnel so that it can be seen the form of communication applied by Tunas Hijau.