Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 1 Pasuruan, untuk mengetahui kelayakan dan evaluasi siswa terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan peneliti. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang berupa 4 tahap pengembangan yakni tahap pendefinisan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun pada tahap ke 4 penyebaran tidak dilakukan karena tahap penyebaran dilakukan setelah proses eksperimen dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 di SMK Negeri 1 Pasuruan. Hasil dari validasi menunjukkan bahwa komponen kualitas isi oleh validator ahli media diperoleh skor sebesar 85,57%, komponen kualitas instruksional diperoleh skor sebesar 87,5%. Total keseluruhan dari validator ahli media sebesar 86,02% dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari hasil validasi ahli soal pada komponen kualitas isi memperoleh skor sebesar 95,83%, komponen instruksional memperoleh skor 95,83%, komponen teknis memperoleh skor 92,18%. Total keseluruhan dari validator ahli soal sebesar 94,,37% dengan kategori sangat sesuai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP 1 di SMK Negeri 1 Pasuruan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik dan dapat menyesuaikan kebutuhan yang ada.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli, Administrasi Umum.
This development research aims to find out the development of Monopoly Learning Media in General Administration Class X OTKP 1 in SMK Negeri 1 Pasuruan, to find out the feasibility and evaluation of students towards the learning media developed by researchers. The development model used in this research development refers to the 4D development model of Thiagarajan in the form of 4 stages of development namely the defining stage, the design stage, the development stage, and the deployment stage. However, at the 4th stage the spread was not carried out because the spread stage was carried out after the experimental process was carried out. This research was conducted on 20 students of class XI Automation and Office Management 1 at SMK Negeri 1 Pasuruan. The results of the validation show that the content quality content by the media expert validator obtained a score of 85.57%, the instructional quality component obtained a score of 87.5%. The overall total of the expert media validators was 86.02% with a very decent category. While from the results of the question validation expert on the content quality component obtained a score of 95.83%, the instructional component scored 95.83%, the technical component scored 92.18%. The overall total of expert matter validators was 94, 37%, with a very appropriate category.This research can be concluded that in the development of Monopoly Learning Media in General Administration Subjects of Class X OTKP 1 at SMK Negeri 1 Pasuruan, it is declared feasible to be used as a learning medium. Suggestions for researchers can further develop learning media better and can adjust existing needs.
Keywords: Learning Media, Monopoly Learning Media Development, Generat Administration.