PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP SISWA SMK
APPLICATION OF THE THINK PAIR SHARE LEARNING MODEL IN VOCATION SCHOOL STUDENTS
Efektivitas pembelajaran adalah kegiatan belajar dengan prosedur pembelajaran yang tepat bagi siswa. Selanjutnya dijelaskan juga bahwa dalam mengukur tingkat efektivitas pembelajaran dilihat berdasarkan tercapainya tujuan pembelajaran dan ketepatan untuk mengelola kondisi tertentu. Artikel literatur review ini memiliki tujuan yaitu untuk dapat mengetahui hasil belajar & tingkat keaktifan siswa ketika merealisasikan model pembelajaran Think Pair Share dan menganalisa kelebihan serta kekurangan metode tersebut. Literatur review adalah metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini. Data dikumpulkan dari berbagai referensi seperti jurnal, buku, majalah dan referensi lainnya yang relevan dengan tujuan penelitian yang sebelumnya telah ditetapkan. Hasil penelitian memiliki rujukan dari berbagai teori yang dikumpulkan dan ditelaah sebelumnya.Model kooperatif terbukti yang dijadikan sebagai model berjalannya suatu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih aktif pada saat kegiatan pembelajaran didalam kelas berlangsung. Kelebihan model pembelajaran TPS antara lain memberi siswa lebih banyak waktu untuk berfikir, kemudian saling membantu antar individu. Meningkatkan partisipasi. Memberi kesempatan untuk kontribusi lebih banyak. Mudahnya interaksi. Mampu membuat rasa percaya diri siswa menjadi lebih baik. Model pembelajaran TPS memiliki beberapa kekurangan seperti membutuhkan koordinasi dari berbagai aktivitas. Penggunaan ruang yang harus diperhatikan. Menyita waktu pengajaran yang berharga. Ide yang muncul cenderung sedikit. Bergantung pada pasangan atau teman kelompok
Kata Kunci: Metode pembelajaran, SMK, Think Pair Share (TPS)
At the level of vocational education there are several subjects, one of which is Creative Products and Entrepreneurship. Conventional Learning Model (MPK), Block System learning model, and Think Pair Share are some learning models that are often used in carrying out the learning process. This literature review article aims to be able to find out the learning outcomes and the level of student activity when realizing the Think Pair Share learning model and analyze the advantages and disadvantages of this method. Literature review is the method used in writing this article. Data is collected from various references such as journals, books, magazines and other references that are relevant to the research objectives that have been previously set. The results of the study have references from various theories that were collected and reviewed previously. Cooperative model is proven which is used as a model for the running of a teaching and learning activity to become more active when learning activities in the classroom take place. The advantages of the TPS learning model include giving students more time to think, then helping each other between individuals. Increase participation. Give the opportunity to contribute more. Easy interaction. Able to make students' self- confidence better. The TPS learning model has several shortcomings, such as requiring coordination of various activities. Use of space that must be considered. Takes up valuable teaching time. The ideas that appear tend to be few. Depends on partner or group friends.
Keywords: Learning methods, VHS, Think Pair Share (TPS)