Mata pelajaran AutoCAD adalah materi pembelajaran yang penting di jurusan teknik permesinan pada sekolah menengah kejuruan dan harus ditempuh oleh siswa kelas XI di jurusan Teknik permesinan SMK PGRI 1 GRESIK. Berdasarkan kegiatan observasi proses pembelajaran, didapatkan hasil pengamatan berupa permasalahan utama adalah pencapaian aktivitas dan hasil belajar yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran.Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul yang layak digunakan pada pembelajaran AutoCAD di SMK PGRI 1 Gresik Jurusan Teknik Permesinan. Dalam pengembangan modul diperlukan prosedur tertentu yang sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai. Dari hasil nilai pada kompetensi dasar Mengidentifikasi AutoCAD dan menggambar bangun 2D kelas XI TPM 1 mata pelajaran AutoCAD pada tahun pelajaran 2016/2017 diketahui bahwa penguasaan materi belum maksimal karena ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa 40% dari jumlah seluruh siswa dan nilai rata-rata sebesar 62 dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 75. Untuk itu, peneliti akan melakukan suatu penelitian pengembangan modul yang bisa dipakai untuk proses belajar mengajar dalam memahami mata pelajaran AutoCAD.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode yang digunakan mengadopsi pada model pengembangan 4D (four D model) yang terdiri empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penerapan (disseminate). Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai validator yaitu (1 ahli isi,1 bahasa dan 1 desain) yang menjadi validator modul, dan 20 Siswa Kelas XI TPM 1 Jurusan Teknik Permesinan SMK PGRI 1 Gresik tahun ajaran 2018/2019 pada uji coba terbatas. Dalam penelitian ini digunakan instrumen untuk menganalilis data aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Perlu dikembangkan modul AutoCAD dengan segera bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar;2) Hasil validasi dari ketiga aspek tersebut masuk dalam kriteria sangat valid;3) Hasil observasi aktivitas menunjukkan adanya peninggkatan sebesar 9,48% setelah diberikan modul dan 4) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, setelah diberikan modul dengan mendapatkan rerata sebesar 85,56 lebih tinggi dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul AutoCAD yang hanya mempunyai skor sebesar 66,77.
Kata kunci : Modul yang valid,aktivitas siswa,hasil belajar siswa
AutoCAD subjects are important learning material in engineering engineering at vocational high schools and must be taken by students of class XI in Mechanical Engineering major at SMK PGRI 1 GRESIK. Based on the observation process of the learning process, the results of the observations in the form of the main problems are the achievement of activities and learning outcomes that are not in accordance with the learning objectives. The aim of the research is to develop modules that are suitable for AutoCAD learning at SMK PGRI 1 Gresik. In module development, certain procedures are needed that are in accordance with the goals to be achieved. From the results of the scores on the basic competencies of Identifying AutoCAD and drawing up 2D 2D class XI TPM 1 AutoCAD subjects in the 2016/2017 school year, it is known that mastery of the material is not maximal because the mastery of learning achieved by students is 40% of the total student 62 with Minimum Completion Criteria (KKM) 75. For this reason, researchers will conduct a module development research that can be used for teaching and learning in understanding AutoCAD subjects.
This type of research is development research. The method used adopts the 4D development model (four D models) which consists of four stages, namely defining, designing, developing, and implementing (disseminate). In this study acting as a validator were (1 content expert, 1 language and 1 design) who became the module validator, and 20 Class XI TPM Students 1 Mechanical Engineering Department of SMK PGRI 1 Gresik 2018/2019 academic year in a limited trial. In this study used instruments to analyze data on student activities and learning outcomes.
The results in this study can be concluded that: 1) It is necessary to develop an AutoCAD module immediately aiming to improve learning activities and outcomes; 2) The validation results of the three aspects are included in very valid criteria; 3) Activity observation results indicate an increase of 9.48 % after being given modules and 4) Student learning outcomes have increased, after being given a module by getting an average of 85.56 higher than student learning outcomes before using the AutoCAD module which only has a score of 66.77.
Keywords: Valid modules, student activities, student learning outcomes