Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (Investigasi Kelompok) pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 1 Lamongan
Perubahan dalam pembelajaran yang diikuti dengan kurikulum tahun 2013 yang direvisi 2018 kurikulum, pembelajaran diperlukan untuk berpusat pada murid agar siswa menjadi lebih aktif, berpikir secara kritis, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan model pembelajaran penyelidikan kelompok dalam pengajuan subyek di SMK 1 Lamongan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Ada subjek pencarian swere 3 siswa dari kelas X OTKP dan 2 siswa kelas X OTKP sebagai triangulasi sumber. Teknik pengumpulan Data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis Data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan Data, pengurangan Data, presentasi Data, dan menarik kesimpulan. Hasilnya memperlihatkan bahwa :1) para siswa takut dengan pembagian kelompok dan sub-topik; 2) siswa memilih untuk merencanakan tugas di muka dengan membagi tugas kepada setiap anggota kelompok; 3) para siswa menyelidiki problem yang diberikan dengan menganalisis jawaban anggota kelompok lainnya; 4) siswa mengumpulkan semua jawaban dari anggota kelompok dan akan mendahului menurut kesepakatan yang dibuat pada awal pembelajaran;5) presentasi siswa; 6) siswa memahami belajar ketika mereka meminta dan mendengarkan jawaban yang telah disampaikan pada saat penyajian dan setelah lingkungan.
The changes in learning followed by the 2013 curriculum tothe 2013 revised 2018 curriculum, learning is required to be student nt-centered so that students will become more active, think critically,
and be able to communicate well. This study aims to describe the use of the Group Investigation
learning model in Filing subjects in SMK 1 Lamongan. This type of research is a qualitative descriptive
study. There search subject swere 3 students of class X OTKP and 2 students of class X OTKP as
source triangulation. Data collection techniques used were interviews and questionnaires. Data
analysis techniques in this study used data collection, data reduction, data presentation, and drawing
conclusions. The results showed that:1) the division of groups and subtopic scarried out by students;
2) students choose to plan assignments in advance by dividing assignments to each group member;
3) students investigate the problem given by analyzing the answers of other group members; 4)
students collect all the answers from members of the group and will presentit according to the
agreement that was made at the beginning of learning;5) student presentations; 6) students
understand learning when they ask and listen to the answers that have been delivered at the time of
presentation and after wards.