Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Konteks Covid-19
Students' Mathematical Literacy Based on Covid-19 Context
Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang dalam merumuskan, menerapkan, dan
menginterpretasikan matematika di kehidupan sehari-hari. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk
mendeskripsikan literasi matematika siswa kelas 9 dalam menyelesaikan soal konteks Covid-19. Empat
siswa dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kemampuan matematika tinggi
dan sedang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes literasi matematika dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi indikator literasi matematika
tahap merumuskan, menerapkan, dan menginterpretasikan, dengan jawaban yang benar. Siswa
berkemampuan sedang hanya dapat memenuhi indikator literasi matematika tahap merumuskan dan belum
dapat menjawab dengan benar. Siswa berkemampuan tinggi dan sedang memiliki kemampuan yang sangat
baik dalam merumuskan suatu masalah. Siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan yang sangat baik
dalam menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah, sedangkan siswa
berkemampuan sedang memiliki kemampuan yang kurang dalam menerapkan pengetahuan yang dimiliki.
Siswa berkemampuan tinggi memiliki kemampuan yang cukup dalam menginterpretasikan hasil yang
didapat, sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan yang kurang dalam
menginterpretasikan hasil yang didapat. Siswa berkemampuan tinggi dapat menggunakan informasi tentang
Covid-19 yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan di dunia nyata. Siswa berkemampuan sedang
belum dapat menggunakan informasi tentang Covid-19 yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan
di dunia nyata. Guru perlu memberikan masalah literasi matematika secara rutin untuk melatih siswa dalam
memecahkan masalah sehari-hari.
Mathematical literacy is a person's ability to formulate, apply, and interpret mathematics in everyday
life. This descriptive qualitative research aims to describe the mathematical literacy of 9th grade students in
solving Covid-19 context problems. Four students were selected using purposive sampling techniques based
on high and middle mathematical abilities. Data collection is done through math literacy tests and
interviews. Research shows that students with high math skills can fulfill the mathematical literacy indicators
of the stage of formulating, applying, and interpreting, with the correct answers. Middle math ability students
can only fulfill the mathematical literacy indicators of the formulating stage and have not been able to answer
correctly. High and middle mathematical ability students have very good abilities in formulating a problem.
High mathematical ability students have excellent abilities in applying their knowledge to solve problems,
while middle mathematical ability students have less ability to apply their knowledge. High mathematical
ability students have sufficient ability to interpret the results obtained, while middle mathematical ability
students have less ability to interpret the results obtained. High math ability students can use the information
about Covid-19 provided to solve problems in the real world. Middle math ability students have not been
able to use the information about Covid-19 provided to solve problems in the real world. Teachers need to
provide math literacy problems on a regular basis to train students in solving everyday problems.