Susena
Sakti, Yuda (2023). Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis
Androiduntuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Mata
Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 1 Baron Nganjuk. Tesis, Program Studi Teknologi
Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof.
Dr. Rusijono, M.Pd., dan (2) Dr. Hari Sugiharto Setyaedhi, M.Si.
Kata
Kunci: Augmented Reality , Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Ilmu
Pengetahuan Sosial.
Penelitian
ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Augmented Reality (AR) yang
layak digunakan dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Baron Nganjuk;2) Mengembangkan
Media Augmented Reality (AR) yang efektif meningkatkan motivasi belajar IPS peserta
didik kelas VIII SMPN 1 Baron;3) Mengembangkan Media Augmented Reality
(AR) yang efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Baron
Pengembangan media Augmented
Reality ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development,
Implementation, dan Evaluation). Pada tahap penelitian, digunakan pendekatan Kuasi
Ekperimen. Sampel peneliian terdiri dari 32 peserta didik kelas VIII SMPN 1
Baron pada masing-masing kelas ekperimen dan kelas Kontrol. Berdasarkan hasil
penelitian, ditemukan bahwa model Media Augmented Reality berpengaruh
secara signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi
mengenal negara-negara ASEAN dalam mata pelajaran Ilmu Pembelajaran Sosial
kelas VIII SMPN 1 Baron Nganjuk. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara
observasi, kusioner, lembar validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa
pengembangan media Augmented Reality untuk pembelajaran IPS mendapat
nilai kelayakan dari ahli materi sebesar 90% dan kelayakan dari ahli media
sebesar 95%. Augmented Reality untuk pembelajaran IPS dapat meningkatkan
motivasi belajar dengan hasil signifikasi 0.000 pada uji-t. selain itu, Augmented
Reality untuk pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar dengan
hasil signifikasi 0.000 pada uji-t. Dapat disimpulkan dari hasil uji kelayakan
dan keefektivan bahwa media Augmented Reality untuk pembelajaran IPS
sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.