BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA SLOGAN PADA KENDARAAN ANGKUTAN BARANG DI SURABAYA
FORMS, FUNCTIONS AND MEANINGS OF SLOGANS ON FREIGHT VEHICLES IN SURABAYA
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi slogan pada kendaraan angkutan barang di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini berupa slogan yang terdapat di bodi atau badan kendaraan angkutan barang di surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semantik yang dikemukakan Chaer dan teori fungsi Halliday. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan teknik simak dan teknik catat. Metode metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dan metode padan. Hasil dari penelitian ini pada 29 slogan kendaraan angkutan barang di Surabaya, ditemukan dua bentuk slogan, yaitu 1 slogan dengan bentuk frasa dalam bahasa asing, dan 28 slogan dengan bentuk klausa (10 bahasa Indonesia, 8 bahasa asing, dan 10 bahasa daerah). Adapun jenis makna yang ditemukan dalam penelitian ini ialah 23 makna gramatikal dan 6 makna kias. Fungsi slogan ditemukan; 4 fungsi instrumental, 3 fungsi regulasi, 9 fungsi representasi, 1 fungsi interaksional, 3 fungsi personal, dan 9 fungsi imajinatif.
The purpose of this study is to describe the forms, meanings, and functions of slogans on freight vehicles in Surabaya. The type of this research is descriptive qualitative. The objects of this research are the slogans found on the body of freight vehicles in Surabaya. The theories used are the semantic theory proposed by Chaer and Halliday's function theory. The data ensemble method used is the observation with both listening and the note-taking technique. The data analysis methods used are both agih and matching methods. The results of this study on 29 slogans of freight transport vehicles in Surabaya found two slogans, namely 1 slogan with a phrase in a foreign language and 28 slogans in a clause form (10 Indonesian, 8 foreign languages, and 10 regional languages). The types of meanings found are 23 grammatical meanings and 6 figurative meanings. The functions of slogans are 4 instrumental functions, 3 regulatory functions, 9 representational functions, 1 interactional function, 3 personal functions and 9 imaginative functions.