Pengembangan Buku Seni Budaya Sebagai Bahan Ajar Berkarya Seni Rupa Platform Digital di Sekolah Menengah Pertama
The Development of Art and Culture Material Book as the Teaching Tool of Digital Art Working in Junior High School
ABSTRAK
Iqomaddin, Fajar. 2020. Pengembangan Buku Seni Budaya Sebagai Bahan Ajar Berkarya Seni Rupa Platform Digital di Sekolah Menengah Pertama. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M. Pd dan (II) Dr. Trisakti, M. Si, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Buku bahan ajar, platfrom digital, karya seni, digitalisasi.
Penelitian ini mengembangkan buku bahan ajar seni budaya untuk Sekolah Menengah Pertama kelas VII dengan berkarya menggunakan platform digital. Dikembangkannya buku ini didasarkan pada kebutuhan peserta didik akan keterampilan olah digital, khususnya berkarya seni dengan platform digital. Keterampilan olah digital dibutuhkan karena persaingan di era industri 4.0 terutama bidang industri kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku bahan ajar dan mengukur keefektifan dalam implementasinya di pembelajaran. Buku hasil pengembangan berisi kompetensi dasar yang relevan dengan kompetensi yang dikeluarkan oleh kementrian, yakni; menggambar flora, fauna, dan alam benda, dibekali dengan materi tambahan di awal berupa pengenalan platform digital dan berekspresi melalui unsur-unsur seni rupa. Pada bagian akhir buku diberikan materi mengenai WPAP (Wedha’s Pop Art Potrait) yang merupakan seni khas platform digital.
Dalam penelitian berpendekatan deskriptif-kuantitatif ini, bila ditinjau dari metode pengembangannya menggunakan ADDIE dengan tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengembangan buku bahan ajar seni platform digital ini diperlukan berdasarkan kebutuhan dari pembelajaran era sekarang yang lebih dominan pada penggunaan digital. Buku ini memberikan materi dan langkah untuk berkarya seni rupa secara digital. Menggunakan metode belajar konstruktivistik, mengantar peserta didik untuk mendapatkan pengalaman bertahap menuju berkarya seni digital yang baik. Implementasi dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Taruna Nusa Harapan Kota Mojokerto dengan subjek adalah peserta didik kelas VII dengan jumlah 105 dan dibagi ke dalam tiga rombel dengan jumlah peserta didik dan jam tatap muka yang sama.
Berdasarkan dari hasil analisis awal, buku ini berhasil memenuhi kebutuhan peserta didik untuk berkarya seni dan mengusasai keterampilan dasar menggunakan platform digital. Buku yang disusun berdasarkan standar tes pengembangan kurikulum K-13 mendapatkan hasil validasi sangat baik dari materi dengan prosentase 90% dan kegrafikan 87% dari skor ideal 100%. Peserta didik juga menyatakan bahwa buku ini mudah untuk diikuti dan memotivasi, selain itu memiliki desain yang menarik serta materi dan tahapan berkaryanya mudah untuk diikuti.
Buku hasil pengembangan ini menjadi bahan ajar pembelajaran dan berhasil menuntun peserta didik berkarya seni rupa digital dengan ketuntasan klasikal rerata 91,4% dari tiga rombel. Sedangkan, berdasarkan angket yang disebar pada peserta didik, didapatkan skor 90,72% dari skor ideal, sehingga bisa dikatakan bahwa peserta didik antusias dan termotivasi dalam belajar berkarya seni rupa menggunakan platform digitial. Secara garis besar pembelajaran menggunakan bahan ajar ini berhasil dan peserta didik mampu menciptakan karya seni digital yang baik menggunakan platform digital. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Pertama sudah siap untuk berkarya seni menggunakan platform digital.
ABSTRACT
Iqomaddin, Fajar. 2020. The Development of Art and Culture Material Book as the Teaching Tool of Digital Art Working in Junior High School. Thesis, Study Program of Art and Culture Education, Magister Degree, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M. Pd dan (II) Dr. Trisakti, M. Si, M.Pd.
Key words: teaching material book, digital platform, art work, digitalization.
This research develops a book of cultural arts teaching materials for Junior High School grade VII by working using digital platforms. The development of this book is based on the needs of the students for digital processing skills, especially in creating art within digital platforms. Digital processing skills are needed because of competition in the industrial era 4.0, especially in the creative industry. This study aims to develop textbooks of teaching materials and measure the effectiveness of their implementation in learning. The development results book contains basic competencies that are relevant to the competencies issued by the ministry, namely; drawing flora, fauna, and natural objects, supplemented with additional material in the form of introduction to digital platforms and expression through elements of fine art. At the end of the book, material about WPAP (Wedha’s Pop Art Potrait) which is a typical digital platform art is provided.
In this descriptive-quantitative approach, in terms of the development method, this book uses ADDIE with stages; Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The development of the digital platform material book is needed based on the needs of today’s learning which is more dominant in digital use. This book provides materials and steps to create digital fine arts, uses constructivist learning methods, leads the students to gain gradual experience towards creating good digital arts. The Implementation was carried out at Taruna Nusa Harapan Junior High School, Mojokerto, within the 105 students of 7th grade as the subject and they are divided into three classes in the same number of the students and meetings.
Based on the results of the early analysis, needs of students to create digital art and master basic skills using digital platforms, this book has succeeded in teaching and learning activuty. Books that are compiled based on K-13 standard, development test get very good validation results from the material with a percentage of 90% and 87% off 100% ideal score. Students also stated that this book is easy to follow and very motivating, and this book has an attractive design, material and steps that are easy to follow.
The development book was used as a teaching material for learning and has succeeded in guiding the students to create digital art with an average classical completeness about 91,4% of three classes. Meanwhile, based on a questionnaire distributed to students, a score of 90.72% was obtained from the ideal score, so it can be said that the students were enthusiastic and motivated in learning to create fine arts using digital platforms. In conclusion, learning using this book as teaching material is successful and students are able to create good digital artwork using digital platforms. These results indicate that the students at the Junior High School level are ready to create art using digital platforms.