Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Bahan ajar yang tepat dan sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, maka dapat membuat proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lebih optimal. Seiring dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik, guru diharapkan dapat menciptakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dan menghasilkan buku ajar ekonomi berbasis pendekatan saintifik kelas XI. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap buku ajar ekonomi yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan namun dibatasi sampai pada tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan buku ajar dari seluruh aspek memperoleh rata-rata persentase sebesar 80,45% dengan kriteria “Layak”. Sedangkan hasil respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 91,67% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar ekonomi berbasis pendekatan saintifik layak digunakan sebagai bahan ajar.
Teaching materials are one of the important components to achieving quality education. The right teaching materials and in accordance with the demands of the applicable curriculum, it can make the learning process run well and more optimally. Along with the demands of the 2013 curriculum which emphasizes learning with a scientific approach, teachers are expected to be able to create teaching materials that are appropriate to the needs and characteristics of students
This study aims to develop teaching materials and produce economic textbooks based on the scientific approach of class XI. In addition, this study also aims to determine the feasibility and response of students to the economic textbooks that have been developed. This type of research is Research and Development (R&D) with a 4-D development model from Thiagarajan but is limited to the develop stage. The results showed that the feasibility assessment of textbooks from all aspects obtained an average percentage of 80.45% with the criteria "Eligible". While the response results of students obtain an average percentage of 91.67% with the criteria of "Very Good". This shows that the economic textbook based on the scientific approach is worthy of being used as teaching material.