The Effectiveness of Tare Zameen Paars Film Media in Writing Short Stories for Class IX D Students of SMPN 1 PURI
Pembelajaran penulisan cerita pendek menjadi salah satu materi yang kurang diminati oleh siswa karena memiliki bacaan yang panjang, dan membutuhkan penyusunan kalimat yang tepat untuk merangkai ide dalam karya tulis. Untuk meningkatkan minat siswa, peneliti menerapkan media film sebagai penunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan media film terhadap pembelajaran penulisan cerita pendek, (2) efektivitas media yang digunakan dalam perkembangan hasil belajar siswa dalam penulisan cerpen, (3) respon siswa setelah mengikuti pembelajaran penulisan cerita pendek. Desain penelitian yang digunakan one group pretest-posttest dengan metode pre-experimental. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan teknik observasi, pretest-posttest, dan angket. Subjek penelitian ini yaitu 32 siswa kelas IX D SMPN 1 Puri. Hasil penelitian ini adalah (1) penelitian berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan persentase hasil observasi siswa sebesar 82,5% dengan kategori sangat baik, dan hasil persentase observasi guru sebesar 80% dengan kategori baik. (2) media film efektif diterapkan yang ditunjukkan peningkatan nilai rata-rata yaitu, nilai pretest sejumlah 66, dan posttest sejumlah 77,63. Disamping itu perhitungan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 16.756 dan ttabel = 1.69552, sehingga thitung > ttabel.. (3) respon siswa berkategori sangat baik, yang dibuktikan Hal ini dibuktikan dengan rata-rata pemerolehan jawaban “Ya” sebanyak 92,3% dan “Tidak” sebanyak 7,7%. Media film yang digunakan adalah Tare Zameen Paar dengan banyak nilai moral yang terkandung didalamnya. Jadi, berdasarkan uji-t sampel berpasangan yang telah dilakukan, dapat diartikan bahwa penggunaan media film Tare Zameen Paar efektif digunakan dalam penulisan cerita pendek.
Kata Kunci: media film, kemampuan menulis, cerita pendek
Learning to write short stories is one of the materials that students are less interested in because it has a long reading, and requires the preparation of appropriate sentences to assemble ideas in written works. To increase students' interest, researchers applied film as a media to support the learning process. The purpose of this study was to describe (1) the application of film media to short story writing learning, (2) the effectiveness of the media used in the development of student learning outcomes in short story writing, (3) student responses after participating in short story writing lessons. The research design used one group pretest-posttest with the pre-experimental method. The data analysis technique used is descriptive statistics. Data collection for this study used observation, pretest-posttest, and questionnaire techniques. The subjects of this study were 32 students of class IX D SMPN 1 Puri. The results of this study are (1) the study went well as evidenced by the percentage of student observations of 82.5% in the very good category, and the percentage of teacher observations of 80% in the good category. (2) effective film media was applied which was shown to increase in the average value, namely, the pretest value was 66, and the posttest was 77.63. Besides, the t-test calculation shows that tcount = 16,756 and ttable = 1.69552, so tcount > ttable.. (3) student responses are categorized as very good, which is proven. and “No” as much as 7.7%. The film media used is Tare Zameen Paar with many moral values contained therein. So, based on the paired sample t-test that has been done, it can be interpreted that the use of Tare Zameen Paar film media is effective in writing short stories.
Keywords: film media, writing skills, short stories