Pengembangan Media Tempel Aku Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Simbolik Usia 5-6 Tahun
My Paste Media Development in Improving Symbolic Thinking Ability 5-6 Years Old
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tempel aku dan menguji kelayakan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan desain ADDIE. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah tahap analisis kebutuhan untuk mengkaji tujuan dari produk yang dikembangkan dan menentukan media yang relevan bagi anak; tahap desain pembuatan media membuat rancangan media dan penyusunan materi yang divalidasi; tahap pengembangan dilakukan validasi ahli media dan materi; tahap implementasi dilakukan pada usia 5-6 tahun dengan uji terbatas kemudian dilakukan lembar pengamatan oleh sepuluh guru PAUD; tahap evaluasi mengevaluasi tahap analisis sampai tahap implementasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 5 anak usia 5-6 tahun. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, lembar angket, lembar pengamatan. Validasi pengembangan media menggunakan validasi angket yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dilakukan oleh satu Dosen PG-PAUD. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil validasi media adalah 85%, ahli materi adalah 78% dan hasil lembar pengamatan sepuluh guru adalah 89%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media tempel aku layak digunakan dalam meningkatkan kemampuan berfikir simbolik usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: media, tempel aku, kognitif
This study aims to develop the I paste media and test the feasibility of the product. The research method used is the development method with ADDIE design. The steps in this research are the needs analysis stage to assess the purpose of the product developed and determine the media that is relevant for children; the design stage of making media makes media designs and preparation of validated materials; the development stage is carried out by media and material expert validation; the implementation phase is carried out at the age of 5-6 years with a limited test then observation sheets are carried out by ten PAUD teachers; evaluation stage evaluates the analysis stage to the implementation stage. The trial subjects in this study were 5 children aged 5-6 years. The data collection instrument used observation, questionnaire sheet, and observation sheet. Validation of media development using questionnaire validation carried out by media experts and material experts carried out by one PG-PAUD Lecturer. The results of the study show that the results of media validation are 85%, material experts are 78% and the results of ten teachers' observation sheets are 89%. Based on these results indicate that the media paste me is feasible to use in improving the ability to think symbolic aged 5-6 years.
Keywords: media, stick to me, cognitive