Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Saat Pandemi
The Influence Of Parent Assistance To The Emotional Social Development Of Children In The Time Of Pandemy
Penelitian ini di latar belakang oleh rendahnya tingkat pendampingan orang tua yang berdampak pada perkembangan sosial emosional anak. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pendampingan orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak saat pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sasaran dalam penelitian ini adalah wali murid kelas TK B di TK Dharma Wanita Pesatuan Jabaran. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar melalui angket google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan analisa statistik regresi. Analisis statistik regresi linier sederhana digunakan dengan taraf signifikansi α=5% (0,05). Berdasarkan hasil uji t yang telah dilakukan pada aplikasi SPPS nilai signifikansi (Sig) menunjukkan 0.00 < 0,05 yang mengandung arti bahwa ada pengaruh variabel independent (X) terhadap variabel dependent (Y). Maka Ha pada penelitian ini diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan Koefisien Determinasi (R2) di SPPS adalah 0.758 = 75,8% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa perkembangan sosial emosional anak 75,8% dipengaruhi oleh pendampingan orang tua sedangkan sisanya 24,2% dipengaruhi oleh varibel lainya yang tidak di ketauhi. Agar tercapainya perkembangan sosial emosial anak secara signifikan maka perlu adanya pendampingan orang tua. Untuk itu diharapkan orang tua bisa memberikan sedikit waktunya minimal di hari weekend untuk memberikan pendampingan kepada anak. Dengan melakukan pendampingan pada anak maka orang tua mendukung dalam pengoptimalisasi pekembangan anak salah satunya aspek perkembangan sosial emosional khususnya sikap tanggung jawab anak.
Kata Kunci: pendampingan orang tua, perkembangan, sosial emosional.
The research is based on the low level of parental assistance which has an impact on children’s social emotional development. This research aims to determine and describe the effect of parental assistance on children’s social emotional development during a pandemi. The method used in this research is descriptive research. The target of this research is the guardian of the TK B class at TK Dharma Wanita Persatuan Jabaran. Date were obtained and collected using questionnaire distributed through a google form questionnaire. The data analysis technique used is the validity test, reliability test and regression statistical analysis. Simple regression statistical analysis was used with a significance level of α=5% (0,05). Based on the results of the t test that has been carried out on the SPSS application, the significance value (Sig) show 0.00 < 0.05 which means that there is an effect of the independent variable (X) on the dependent variable (Y). So Ha in this study is accepted and H0 is rejected.The result of the calculation of the coefficient of determination (R2) at SPSS is 0.758 = 75.8%. so it can be cocluded tht 75.8% of children’s social emotional development is influenced by parental assistance, while the remaining 24.2% is influenced by other variables that are not followed. In order to achieve significant social emotional development of childrend parental assistance is needed. For this reason it is hoped that parent can provide a little time at least on weekends to provide assistance to children. By proving assistance to children parent support in optimizing children’s development one of which is the aspect of social emotional development especially the attitude of children’s responbility.
Keywords: parental assistance, development, social emotional.