Pengembangan Video Interaktif Etika Bertamu Berbasis Plurikultural bagi Pemelajar BIPA Madya
Development of Pluricultural-Based Visiting Ethics Interactive Video for BIPA Madya Students
Latar belakang dari penelitian ini kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan proses pembelajaran BIPA. Manfat media pembelajaran salah satunya untuk mempermudah dalam menyampaikan materi, salah media yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran yaitu media video interaktif. Materi yang disampaikan dalam video interaktif yang dikembangkan yaitu materi etika bertamu dan jeni-jenis kalimat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan video interaktif melalui model ADDIE dan mendeskripsikan kualitas video interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pegembangan RnD dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu, Analyze, Desai, Development, Implementation, Evaluation. Sumber data dari penelitian ini adalah pemelajar BIPA di Universitas Negeri Surabaya dengan teknik pengumpulan menggunakan lembar validasi, soal tes, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa proses pengembangan video interaktif untuk pembelajaran materi etika bertamu yang ada di Indonesia dan jenis-jenis kalimat dengan menggunakan lima langkah ADDIE. Pada tahap analisis dilakukan wawancara keapda pengajar BIPA dan menyebarkan angket keapda pemelajar BIPA untuk mengetahui karakteristik dan kebetuhan pemelajar BIPA. Kemudian tahap desain untuk menyusun konsep video dan tujuan pembelajaran serta materi yang akan disampaikan kepada pemelajar BIPA. Setelah menyusun konsep dilanjutkan dengan proses pengembangan yang terdiri dari pengambilan gambar, mengedit video dan melakukan validsi kepada validator ahli materi dan media. Kemudian dilanjutkan tahap implementasi atau uji coba kepada pemelajar BIPA yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan media video interaktif yang dikembangkan. Terakhir evaluasi dimana penyempurnaan dari media video interaktif yang dibuat. Untuk kualitas media interaktif nilai validasi yang didapatkan dari validator ahli sebesar 95,65%, nilai keefektifan 87,5%, dan nilai kepraktisan 96,66%.
Kata Kunci : Etika bertamu, Jenis kalimat, Kualitas Video Interaktif.
The background of this study is the lack of variations in the learning media used in the BIPA learning process. One of the benefits of learning media is to make it easier to convey material, one of the media that can be used in the learning process is interactive video media. The material presented in the interactive video developed is visiting ethics material and types of sentences. The purpose of this study is to describe the process of developing interactive videos through the ADDIE model and describe the quality of interactive videos. This research uses the RnD development method with the ADDIE model which consists of five steps, namely Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. The source of the data from this study were BIPA students at Surabaya State University with a collection technique using validation sheets, test questions, and questionnaires. The research results obtained show that the process of developing interactive videos for learning visiting ethics material in Indonesia and types of sentences uses the five steps of ADDIE. At the analysis stage, interviews with BIPA teachers were conducted and questionnaires were distributed to BIPA students to find out the characteristics and needs of BIPA students. Then the design stage is to develop video concepts and learning objectives and material to be delivered to BIPA students. After compiling the concept, it is continued with the development process which consists of taking pictures, editing videos and validating the material and media expert validators. Then proceed with the implementation or trial phase for BIPA students which aims to determine the effectiveness of the interactive video media being developed. The last evaluation is where the improvement of interactive video media is made. For the quality of interactive media, the validation value obtained from expert validators is 95,65%, the effectiveness value is 87.5%, and the practicality value is 96.66%
Keywords: Visiting ethics, Types of sentences, Quality of Interactive Video.