Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Kementerian Agama Kota Surabaya
The Effect of Work Ethic on the Quality of One Stop Service (PTSP) at the Ministry of Religion of the City of Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi etos kerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta pengaruh etos kerja terhadap kualitas layanan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Kementerian Agama Kota Surabaya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer berupa wawancara singkat dan penyebaran kuisioner. Populasi penelitian ini ialah penerima layanan pada Kementerian Agama Kota Surabaya yang berdomisili dan mempunyai KTP Kota Surabaya sedangkan, jumlah sampel yang dibutuhkan 45 responden menggunakan teknik sampling non probability sampling berupa purposive sampling. Hasil penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana menunjukan adanya pengaruh etos kerja terhadap kualitas layanan sedangkan, pada uji hipotesis uji T menunjukan secara parsial etos kerja berpengaruh terhadap kualitas layanan.
Kata Kunci : Etos Kerja, Kualitas Layanan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
This study aims to determine and analyze the implementation of the work ethic of the One Stop Integrated Service (PTSP) and the influence of the work ethic on the service quality of the One Stop Integrated Service (PTSP) at the Ministry of Religion of the City of Surabaya. This type of research uses a quantitative approach with primary data sources in the form of short interviews and questionnaires. The population of this study are service recipients at the Ministry of Religion of the City of Surabaya who are domiciled and have an ID card in the City of Surabaya, while the number of samples required is 45 respondents using a non-probability sampling technique in the form of purposive sampling. The results of this study using a simple linear regression test showed the influence of work ethic on service quality, while the T test hypothesis test showed that work ethic partially affected service quality.
Keywords: Work Ethos, Service Quality, One Stop Integrated Service (PTSP)