Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Ketrampilan Proses Sains pa Materi Pokok Asam Basa
Development of a Guided Inquiry Model Chemistry Learning Tool to Train Science Process Skills on Acid-Base Subject Material. Thesis Paper
Ayu Wika Nurtikasari 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Asam Basa. Tesis. Pascasarjana Universitas Surabaya. Pembimbing Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si dan (II) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Ketrampilan Proses Sains.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Research and Development (R&D). Penelitian ini akan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang berorientasi inkuiri terbimbing yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Lembar Penilaian Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Perangkat Pembelajaran diujicobakan kepada siswa SMA Kelas XI dengan menggunakan rancangan One Group Pre- Test dan Post- Test Design. Teknik pengumpulan data penelitian terdiri dari pengamatan, tes, dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data pada penelitian ini , (1) validitas perangkat dilihat dari hasil perhitungan berkisar antara 0 sampai dengan 1. Semakin besar nilai koefisien reliabilitas maka tingkat keandalan instrument yang digunakan juga semakin besar; (2) Keterlaksanaan RPP jika percentage of agreementyang diperoleh (3) Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.
Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa: 1) bahan ajar inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses siswa pada materi asam basa dinyatakan valid setelah melalui uji validitas dari tiga validator dengan penilaiannya masing- masing, yaitu: a) Silabus0,66 (88%); b) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 0,74 (95%); c) Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) 0,78 (91%); d) Lembar Penilaian Hasil Belajar 0,91(93%); e) Lembar aktivitas siswa 0,93 (95%, dan 7) Angket respon siswa 0,87 (90%); 2) bahan ajar inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses siswa pada materi asam basa dinyatakan praktis setelah melalui uji kepraktisan yaitu keterlaksanaan RPP (pertemuan pertama 96%, pertemuan kedua 98% serta respon siswa yang memberikan tanggapan positif dengan persentase 84,48% dalam kategori sangat baik; 3) Bahan ajar inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses siswa pada materi asam basa dinyatakan efektif setelah melalui uji keefektifan yaitu peningkatan kemampuan keterampilan proses dengan rata-rata N-gain MIPA 1 sebesar 0,7 berkategori sedang dan rata-rata N-gain MIPA 2 sebesar 0,8 berkategori tinggi.
Ayu Wika Nurtikasari 2023. Development of a Guided Inquiry Model Chemistry Learning Tool to Train Science Process Skills on Acid-Base Subject Material. Thesis Paper. Science Education Studies Program, Postgraduate, The State University of Surabaya. Advisor: (I) Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si and Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
Keywords: Learning tools, Guided Inquiry, Science Process Skills.
This research aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed learning tools. The type of research used is development research using Research and Development (R&D). This research will produce products in the form of guided inquiry-oriented learning tools consisting of syllabus, Learning Implementation Plans (RPP), Student Activity Sheets (LKPD), Student Science Process Skills Assessment Sheets. Learning Devices were tested on Class XI SMA students using the One Group Pre-Test and Post-Test Design. Research data collection techniques consist of observation, tests, documentation and questionnaires. Data analysis techniques in this study, (1) the validity of the device seen from the calculation results ranges from 0 to 1. The greater the value of the reliability coefficient, the greater the level of improvement of the instrument used (2) the implementation of the RPP if the percentage of approval is obtained (3) Science Process Skills of Learners.
The results showed that: 1) guided inquiry teaching materials to improve students' process skills on acid-base material were declared valid after going through the validity test of three validators with their respective assessments, namely: a) Syllabus 0.66 (88%); b) Learning Implementation Plan (RPP) 0.74 (95%); c) Student Activity Sheet (LKPD) 0.78 (91%); d) Learning Outcomes Assessment Sheet 0.91 (93%); e) Student activity sheet 0.93 (95%, and 7) Student response questionnaire 0.87 (90%); 2) guided inquiry teaching materials to improve students' process skills on acid-base material were declared practical after going through the practicality test, namely the implementation of lesson plans (first meeting 96%, second meeting 98% and student responses that gave positive responses with a percentage of 84.48% in the very category good; 3) Guided inquiry teaching materials to improve students' process skills on acid-base material were declared effective after going through the effectiveness test, namely increasing the ability of process skills with an average N-gain MIPA 1 of 0.7 in the medium category and an average N-gain MIPA 2 of 0.8 is in the high category