IDENTIFICATION OF STUDENT'S MISCONCEPTIONS IN THE RESPIRATORY SYSTEM MATERIALS
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini adalah penelitian survey melibatkan 64 siswa kelas VIII dari dua kelas di UPT SMPN 5 Gresik yang baru selesai mempelajari materi sistem pernapasan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes diagnostik four-tier dengan 4 tingkatan yang dikembangkan oleh (Erman, 2017). Teknik pengumpulan data melalui hasil tes, wawancara, dan analisis dokumen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan 2 tahapan yakni pertama, dengan menentukan miskonsepsi siswa pada materi sistem pernapasan yang terdiri atas (i) menganalisis benar atau tidak jawaban siswa pada tes diagnostik; (ii) menganalisis keyakinanan siswa dalam menjawab soal; (iii) menganalisis argumen atau alasan siswa memilih jawaban. Kedua, mengidentifikasi penyebab miskonsepsi siswa dengan dua kriteria persentase yaitu apabila persentase miskonsepsi siswa dalam kategori tinggi maka dapat dikatakan penyebab miskonsepsi bersumber dari buku teks yang digunakan siswa dan guru dengan ciri pola miskonsepsi yang sama bahkan letak miskonsepsi dalam konsep yang sama. Apabila persentase miskonsepsi siswa kategori rendah maka dapat dikatakan sumber penyebab miskonsepsi berasal dari siswa itu sendiri dengan ciri pola miskonsepsi yang beragam dan letak miskonsepsi yang beragam pula. Persentase siswa mengalami miskonsepsi sebesar 17,18% dengan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi tertinggi pada konsep volume pernapasan. Penyebab utama miskonsepsi berasal dari siswa itu sendiri. Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan informasi miskonsepsi siswa sehingga proses pembelajaran dapat ditingkatkan dan model pembelajaran dapat dikembangkan.