Pengembangan Video Alphabet Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini
Development of Alphabet Videos to Improve Early Childhood Letter Recognition
Pengenalan huruf perlu diajarkan kepada anak sebagai bekal memasuki pendidikan lebih lanjut dalam pembelajaran bahasa anak. Banyak permasalahan yang terjadi mengenai rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dikembangkan produk berupa video alphabet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk video alphabet yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal huruf vokal (A,E,I,O,U) pada anak usia 4- 5 tahun (kelompok A).
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Desain uji coba yang digunakan adalah Single One Shot Study dan One Group Pretest Posttest Design. Anak dalam penelitian ini adalah kelompok A TK HangTuah 18 berjumlah 5 anak, TK Tunas Harapan berjumlah 15 anak, dan TK DWP Kecamatan Kebomas berjumlah 30 anak terdiri dari kelas A1 berjumlah 15 anak dan A2 berjumlah 15 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan desain prototype produk, perencanaan pembelajaran, lembar pengamatan, lembar validasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa desain prototype video alphabet. Dalam video alphabet mengandung tiga viii gaya belajar sekaligus yang berisi huruf vokal asli (A,E,I,O,U), bentuk alphabet dengan tubuh dilakukan anak usia 7 tahun yang merupakan kebaharuan dalam penelitin ini, lagu huruf vokal orisinil, gambar benda yang disesuaikan dengan lirik lagu.
Pada tahap analysis diidentifikasikan berdasarkan tiga hal yaitu analisi anak, analisis pembelajaran, serta analisis fasilitas dan lingkungan. Sedangkan tahap design berisi tentang proses perancangan video alphabet dimulai dari menetapkan isi materi, aplikasi, menyusun instrumen penilaian media hingga menyusun rancangan prosedur pelaksanaan penelitian. Tahap ketiga development berisi tentang realisasi produk alphabet berbentuk desain awal.
Tahap implementation dan evaluation berisi hasil uji coba. Hasil uji coba lapangan awal menyatakan bahwa video alphabet memenuhi kategori sangat layak hanya ada revisi pada gambar ebi. Hasil uji coba lapangan utama menyatakan bahwa video alphabet memenuhi kategori sangat layak namun ada revisi pada durasi munculnya gambar ungu untuk dipercepat. Hasil uji coba lapangan operasional yaitu pada TK DWP Kecamatan Kebomas kelas A1 mendapatkkan n-gain score 0,81 masuk pada kategori tinggi, dan kelas A2 mendapatkan n-gain score 0,83 masuk pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video alphabet layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal huruf vokal (A,E,I,O,U) pada anak usia dini khususnya usia 4-5 tahun.
Kata kunci : pengenalan huruf, video alphabet
Letter recognition needs to be taught to children as a provision for entering further education in children's language learning. Many problems occur regarding the low ability to recognize letters in children. Therefore, in this study a product was developed in the form of a video alphabet. The purpose of this study was to develop alphabetic video products that are appropriate and effective for learning to recognize vowel letters (A, E, I, O, U) in children aged 4-5 years (group A).
This type of research is research & development using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The trial design used is the Single One Shot Study and One Group Pretest Posttest Design. The children in this study are group A Hang Tuah Kindergarten 18 totaled 5 children, Tunas Harapan Kindergarten numbered 15 children, and DWP Kec. Kebomas Kindergarten totaled 30 children consisting of class A1 totaling 15 children and A2 totaling 15. The data collection instrument used product prototype designs, learning plans, observation sheets, sheets validation, and documentation Data analysis using quantitative descriptive.
The results of this development research are in the form of a prototype video alphabet design. The alphabet video contains three learning styles at once which contain original vowels (A, E, I, O, U), the shape of the alphabet with bodies done by children aged 7 years which is a novelty in this study, original vowel songs, pictures of objects adapted with song lyrics.
In the analysis stage identified based on three things, namely the analysis of children, analysis of learning, as well as analysis of facilities and environment. While the design stage contains the process of designing video alphabet starting from determining the content of the material, applications, compiling media assessment instruments to drafting research implementation procedures. The third stage of development contains the realization of alphabetic products in the form of initial designs.
The implementation and evaluation stages contain the results of the trials. The results of the initial field trials stated that the video alphabet met the very feasible category, only with revisions to the ebi images. The results of the main field trials stated that the video alphabet met the very feasible category but there was a revision to the duration of the appearance of the purple image to be accelerated. The results of the operational field trials were that in the TK DWP Kebomas District, class A1 got an n-gain score of 0.81 which was in the high category, and class A2 got an n-gain score of 0.83 which was included in the high category. So it can be concluded that alphabet videos are appropriate and effective for learning to recognize vowel letters (A, E, I, O, U) in early childhood, especially ages 4-5 years.
Keywords: letter recognition, alphabet videos