PENGARUH MEDIA GAME CHILD INDONESIAN CULTURE (CICU) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE INFLUENCE of MEDIA GAME CHILD INDONESIAN CULTURE ON CULTURAL LITERACY SKILLS of CHILDREN 5-6 YEARS
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran Game Child Indonesian Culture (CICU) terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. Saat ini, media pembelajaran literasi budaya pada anak usia dini masih terbatas pada media pembelajaran yang bersifat konvensional yang tidak memberikan hasil optimal bagi anak. padahal kemampuan literasi budaya pada anak usia dini penting untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia, sehingga anak mampu mengahargai keberagaman bangsa dan tetap mempertahankan perilaku sopan dan santun sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design ; yaitu model Non Equivalent Control Group Design. Jumlah subjek penelitian sebanyak 21 anak yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui teknik observasi. Untuk memastikan keandalan data, dilakukan pengujian konsistensi menggunakan metode Metode interrater reliability dengan menggunakan alpha cronbach analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Independent sample T test apabila nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) kurang dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sebaliknya, jika nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) lebih besar dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Game Child Indonesian Culture (CICU) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun pada kelompok B. Penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Game Child Indonesian Culture (CICU) dapat menjadi alternatif yang efektif dan menarik dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya pada anak-anak kelompok B di TK Labschool Unesa.
Kata Kunci : Media Game Child Indonesian Culture (CICU), Literasi Budaya, Anak Usia 5-6 tahun.
This study aims to determine the influence of Game Child Indonesian Culture (CICU) learning media on the cultural literacy ability of children aged 5-6 years. Currently, cultural literacy learning media in early childhood is still limited to conventional learning media that do not provide optimal results for children. whereas cultural literacy skills in early childhood are important to preserve the culture in Indonesia, so that children are able to appreciate the diversity of the nation and still maintain polite and polite behavior as a characteristic of the Indonesian nation. This study used a quantitative approach with Quasi Experimental Design; Is Non Equivalent Control Group Design model. The number of research subjects was 21 children divided into experimental and control groups. Data were collected through observation techniques. To ensure data reliability, consistency testing is carried out using the method Interrater reliability method using alpha cronbach data analysis is carried out using the Independent sample T test technique if the significance value (Sig) (2-tailed) is less than 0.05, then the alternative hypothesis (Ha) can be accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected. Conversely, if the significance value (Sig) (2-tailed) is greater than 0.05, then the alternative hypothesis (Ha) is rejected and the null hypothesis (Ho) is accepted. The resultsof this study show that the use of Game Child Indonesian Culture (CICU) media has a significant influence on the cultural literacy ability of children aged 5-6 years in group B. This study shows that Game Child Indonesian Culture (CICU) learning media can be an effective and interesting alternative in improving cultural literacy skills in group B children in Unesa Labschool Kindergarten.
Keywords: Media Game Child Indonesian Culture (CICU), Cultural Literacy, Children Aged 5-6 years.