Perusahaan diharuskan untuk melakukan berbagai strategi baru yakni dalam hal aktivasi produk. Hal tersebut, membuat Brand Activation menjadi strategi yang akan menjadi bagian dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Mustika Ratu dalam memperkenalkan produk kosmetik terbaru yaitu Beauty Queen Series. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui bagaimana strategi Mustika Ratu untuk aktivasi terhadap produk Beauty Queen Series yang ditulis berdasarkan teori yang dicanangkan oleh Philip Kotler mengenai strategi Brand Activation yang terdiri dari Publication, Event, Social Investment, Identity Media, Lobbying, dan Community Involvement. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa kegiatan dari strategi Brand Activation yang telah dilakukan oleh Mustika Ratu telah terlaksana dengan baik dengan adanya strategi baru yaitu menukar produk lama ke produk yang baru, kegiatan beauty class dan seminar dengan BPOM serta adanya kegiatan CSR yang beda dari lainnya.
Kata Kunci: Brand Activation, Pemasaran, Mustika Ratu
A company is expected to conduct various new strategies in terms of Brand Activation. Brand Activation has become the appropriate marketing strategy which was implemented by Mustika Ratu in introducing its newest cosmetics product, Beauty Queen Series. This research aims to find out how Mustika Ratu implemented its strategy to activate Beauty Queen Series product based on Philip Kotler’s theory. The theory created by Philip Kotler regarding Brand Activation consists of Publication, Event, Social Investment, Identity Media, Lobbying, and Community Involvement. According to the result of the research that has been carried out, the implementation of Brand Activation strategy conducted by Mustika Ratu was successful because of the new strategy of exchanging old products into new products, beauty class activities, seminars in collaboration with BPOM, and as well as CSR programs that were different from the others.
Keywords: Brand Activation, Marketing, Mustika Ratu