Berbicara merupakan kemampuan seseorang untuk menyampaikan informasi secara lisan. Namun tidak semua orang mampu menyampaikan informasi secara lisan dengan baik. Dengan demikian perlu adanya model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam keterampilan berbicara. Salah satunya adalah model pembelajaran Make A Match. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya keunggulan dari model pembelajaran Make A Match yaitu memudahkan siswa dalam berinteraksi dengan temannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Make A Match efektif dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XII Bahasa di SMAN 1 Krian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Make A Match pada keterampilan berbicara bahasa Jerman kelas XII Bahasa SMAN 1 Krian.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian uji coba. Sumber data dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas XII Bahasa SMAN 1 Krian. Sedangkan data yang digunakan pada panelitian ini didapat dari lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Lembar observasi yang diperoleh siswa rata-rata 88,75% termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil observasi setelah menggunakan model pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran keterampilan berbicara terdapat adannya perubahan dari aktivitas belajar siswa, sehinngga siswa lebih aktif dan percaya diri dalam pembelajaran keterampilan berbicara.
Speaking is a person's ability to convey information orally. But not everyone is able to convey information verbally well. Thus the need for learning models that can help students in speaking skills. One of them is the Make A Match learning model. This can be proven by the superiority of the Make A Match learning model that makes it easier for students to interact with their friends.
The formulation of the problem in this research is whether the Make A Match learning model is effective in German XII Language class speaking skills at SMAN 1 Krian. The purpose of this research is to describe the effectiveness of the Make A Match learning model on German speaking skills in class XII Language of SMAN 1 Krian.
This type of research is qualitative research. Data collection techniques using observation sheets. This research was conducted on 18-29 November 2019, twice and was attended by 35 students. This type of research is a qualitative research with a type of trial research. The data source in this research is the students of class XII Language of SMAN 1 Krian. While the data used in this research were obtained from observation sheets which were then analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. Observation sheets obtained by students on average 88.75% included in the excellent category. Thus it can be concluded the results of observation after using the Make A Match learning model in speaking skills there is a change in student learning activities, so students are more active and confident in learning speaking skills.