PENERAPAN METODE “TES WAWANCARA” PADA KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR
APPLICATION OF INTERVIEW TEST METHODS ON BASIC JAPANESE SPEAKING SKILLS
Keterampilan berbahasa memiliki empat aspek, yaitu aspek keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis. Dalam pembelajaran bahasa Jepang, keterampilan berbicara merupakan aspek yang penting. Berbicara merupakan bentuk komunikasi verbal yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mengungkapkan gagasan dan ide yang telah disusun dalam pikiran.Untuk meningkatkan keterampilan berbicara, terdapat banyak cara yang dapat digunakan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan tes wawancara. Wawancara yaitu suatu percakapan yang diarahkan pada suatu masalah tertentu yang merupakan tanya jawab lisan, ketika dua orang atau lebih berhadap-hadapan secara fisik (face to face) untuk mengetahui tanggapan, pendapat, keyakinan, perasaan, dan motivasi seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pelaksanaan tes wawancara dalam pembelajaran bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Metode pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran bahasa asing. Khususnya bagi keterampilan berbicara, penggunaan metode dapat mempengaruhi tingkat keterampilan berbicara.
Metode tes wawancara dapat menjadi salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Manfaat dari tes wawancara ini adalah selain dapat meningkatkan keterampilan berbicara, juga dapat melatih keberanian saat berbicara dihadapan orang lain. Jenis tes wawancara dalam artikel ini adalah wawancara terpimpin, dimana pedoman, pertanyaan, dan jawaban wawancara sudah dipersiapkan sebelumnya. Tes wawancara ini akan lebih efektif jika dilakukan pada setiap pertemuan mata pelajaran, karena siswa akan belajar dan berlatih berbicara terus menerus secara mandiri. Tes wawancara juga dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan tata bahasa
Kata kunci : metode pembelajaran, tes wawancara, keterampilan berbicara (level dasar)
Language skills have four aspects, these four are that of listening skills, speaking skills, reading skills, and writing skills. In the learning of Japanese, speaking skills are an important aspect. Speaking is a verbal form of communication made by humans in order to express ideas and ideas that have been formulated in the mind. To improve speaking skills, there are many avenues that can be used. One way to do this is to get an interview done. An interview is a conversation directed a particular problem that is a spoken question, when two or more people face to face to discern a person’s responses, opinions, beliefs, feelings, and motivations.
The study is intended to describe the concept of conducting interviews in Japanese studies. The reseach methods used in this study are library research. Library research is a series of activities relating to library data collection, reading, recording and processing of research materials. Learning methods play a key role in the learning of a foreign language. Especially for speaking skills, use of methods can affect the level of speaking skills.
An interview test method can be one that can be used to improve speaking skills. The benefits of this interview test are in addition to improving your speaking skills, it can also exercise courage in speaking before others. The type of interview tests in this article are the blind interviews, which are prepared beforehand of guidance, questions, and answers. This interview test will be more effective if performed at each class meeting, as students will learn and practice speaking continuously on thei own. Interview tests can also enhance vocabulary and grammar mastery.
Keywords: learning methods, interview tests, speaking skills (basic level)