ABSTRAK
Febriana, D. F. 2019. Desain Pembelajaran Rata-rata Hitung (Mean) Berbasis Concreteness Fading Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti Maghfirotun Amin, M.Pd., dan (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Kata-kata Kunci: desain pembelajaran, design research, rata-rata, concreteness fading.
Rata-rata hitung (mean) merupakan salah satu ukuran pemusatan data dalam statistik yang pertama kali ditemui oleh peserta didik di jenjang Sekolah Dasar. Materi rata-rata ini dianggap baru bagi mereka, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain (rancangan) pembelajaran dan menghasilkan suatu teori pembelajaran lokal yang dapat membantu peserta didik membangun pemahaman terhadap rata-rata hitung (mean). Penelitian ini diberikan atau dilakukan sebelum peserta didik mempelajari konsep rata-rata hitung.
Penelitian ini menggunakan design research sebagai metode penelitiannya. Terdapat aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan menggunakan pendekatan Realictis Mathematics Education (RME) yang berkaitan dengan konteks dalam kehidupan sehari-hari seperti menimbang berat buah jeruk, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan dipilih untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dari keempat aktivitas tersebut diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan satu guru Sekolah Dasar di Gresik. Enam peserta didik kelas V-A dilibatkan dalam siklus 1 sedangkan 29 peserta didik kelas V-A menjadi subjek dari siklus 2. Pengambilan data dilakukan melalui rekaman video selama proses pembelajaran, pretes, postes, wawancara dan lembar kegiatan peserta didik (LKPD).
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bukti pendukung bahwa dengan menggunakan aktivitas pengukuran, dapat mengajak peserta didik untuk mempelajari konsep rata-rata hitung (mean). Data yang didapat dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menguji dan mengecek Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan tanggapan nyata. Sebagai hasil analisis, empat aktivitas pembelajaran tentang pengukuran dirancang; (1) kalimat rata-rata; (2) pengukuran berat buah jeruk; (3) pengukuran berat badan, tinggi badan dan banyak usia; (4) membandingkan rata-rata dengan adanya penambahan data baru.
Febriana, D. F. 2019. Arithmetic Mean Learning Design Based On Concreteness Fading In Elementary School Students. Thesis, Mathematics Education Study Program, Postgraduate of Universitas Negeri Surabaya. Supervisors: (I) Prof. Dr. Siti Maghfirotun Amin, M.Pd., dan (II) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd.
Keywords: instructional design, design research, mean, concreteness fading.
The arithmetic mean is one measures of central tendency data in statistics, that is first encountered by students in Elementary School and new for them. Therefore this study aimed to describe the design of learning and local instructional theory which can help student build understanding of the arithmetic mean. This research implemented before students learn the concepts of arithmetic mean
This research is design research as a research method. There are activities designed learning by using approach Realictis Mathematics Education (RME) that are related to the context in everyday life such as citrus fruits weigh, measure the weight and height chosen to develop learning activities to achieve the learning goals. The Hypothetical Learning Trajectory (HLT) of the four activities implemented in the learning process. The subjects of this study were fifth grade students and one elementary school teacher in Gresik. Six learners class V-A involved in cycle 1 while 29 learners in class V-A is the subject of cycle 2. Data was collected through video recordings during the learning process, pretest, posttest, interviews and an activity sheet learners (LKPD).
The results of this study concluded that the evidence supporting the use of measurement activities, can invite students to study the concept of arithmetic mean (mean). The data obtained in this study were analyzed by testing and checking Hypothetical Learning Trajectory (HLT) with a real response. As a result of analysis, four of measurement designed learning activities; (1) average sentence; (2) measurement the weight of citrus fruit; (3) measurement of weight, height and many ages; (4) comparing the average with the addition of new data.